Pengaruh efikasi diri pada tpack dan kondisi pendukung terhadap keberterimaan guru tentang sistem pengajaran online / Bisri Musthofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri pada tpack dan kondisi pendukung terhadap keberterimaan guru tentang sistem pengajaran online / Bisri Musthofa

Musthofa, Bisri (2022) Pengaruh efikasi diri pada tpack dan kondisi pendukung terhadap keberterimaan guru tentang sistem pengajaran online / Bisri Musthofa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehadiran TIK salah satunya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pengajaran. Namun keengganan guru untuk menerima dan menggunakan teknologi sistem online yang telah ditentukan menjadi salah satu penghalang dari potensi peningkatan kinerja pengajaran melalui dukungan teknologi. Banyak penelitian yang mengkaji keberterimaan teknologi dengan mengadopsi technology acceptance model (TAM) untuk menjelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi individu pada penerimaan teknologi. Namun penelitian yang mengkaji terkait efikasi diri pada TPACK dan kondisi pendukung pada konteks yang lebih baru masih terbatas dan sekedar usulan. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel eksternal efikasi diri pada TPACK dan kondisi pendukung terhadap keberterimaan guru tentang sistem pengajaran online dengan mengadopsi model TAM. Penelitian eksplanatori digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antar variabel yaitu variabel eksternal efikasi diri pada TPACK dan kondisi pendukung terhadap variabel-variabel model keberterimaan teknologi (technology acceptance model) yaitu persepsi kemudahan penggunaan kebergunaan sikap terhadap penggunaan dan niat berperilaku. Subjek penelitian adalah 240 guru SMA sederajat di Rembang kota. Adapun sampel penelitian ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi yang meliputi efikasi diri TPACK kondisi pendukung persepsi kemudahan penggunaan persepsi kebergunaan sikap pada penggunaan dan niat berperilaku yang disebar dengan google form. Selanjutnya teknik analisis data melalui analisis deskriptif dan pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Penelitian menunjukkan bahwa 1). Sikap terhadap penggunaan berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku 2) persepsi kebergunaan berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku 3) Persepsi kebergunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan 4). Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kebergunaan 5) Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap 6). Efikasi diri TPACK tidak berpengaruh terhadap persepsi kebergunaan 7) Efikasi diri TPACK tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan 8) Efikasi diri TPACK tidak berpengaruh terhadap terhadap niat berperilaku 9) Kondisi pendukung tidak berpengaruh terhadap persepsi kebergunaan 10) Kondisi pendukung tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan 11). Kondisi pendukung berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku 12). Efikasi diri TPACK tidak berpengaruh terhadap niat berperilaku melalui persepsi kemudahan penggunaan kebergunaan dan sikap terhadap penggunaan dan 13). Kondisi pendukung tidak berpengaruh terhadap niat berperilaku melalui persepsi kemudahan penggunaan kebergunaan dan sikap terhadap penggunaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271794

Actions (login required)

View Item View Item