Pengaruh metode pembelajaran Hybrid berbantuan Artificial Intellegence Camera Controller dan keterlibatan siswa terhadap hasil belajar / Agus Fajar Hariadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran Hybrid berbantuan Artificial Intellegence Camera Controller dan keterlibatan siswa terhadap hasil belajar / Agus Fajar Hariadi

Hariadi, Agus Fajar (2022) Pengaruh metode pembelajaran Hybrid berbantuan Artificial Intellegence Camera Controller dan keterlibatan siswa terhadap hasil belajar / Agus Fajar Hariadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbatasan interaksi sosial antara siswa dengan guru selama pembelajaran jarak jauh di era COVID-19 telah menimbulkan masalah learning loss yang menjadi perhatian khusus akademisi saat ini. Berbagai metode pembelajaran berbantuan digital yang telah diterapkan guru dalam melaksanakan pembelajaran belum memberikan pengaruh signifkan terhadap keterlibatan dan hasil belajar. Hal ini dikarenakan tidak terpantaunya pembelajaran siswa dari jarak jauh oleh guru yang menyebabkan hilangnya interaksi sosial siswa baik di kelas maupun di sekolah. Menyikapi kondisi ini beberapa sekolah menerapkan pembelajaran luring untuk mengimbangi pembelajaran daring yang sudah terlalu lama. Meskipun tidak intensif setidaknya strategi ini dapat mengurangi kebosanan siswa terlalu lama belajar dari rumah. Kehilangan interaksi guru dan siswa yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh menyebabkan hilangnya student learning engagement. Satu-satunya engagement mereka dalam mengikuti pembelajaran hanyalah mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru. Untuk mengatasi kondisi ini maka diperlukan metode pembelajaran hybrid dengan memanfaatkan perangkat Artificial Intellegence Camera Controller (AICC) untuk menunjang proses pembelajaran hybrid yang diikuti oleh sebagian siswa di sekolah secara luring dan sebagian siswa di rumah secara daring. Upaya ini dilakukan untuk menyikapi kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dimana hanya 50% alokasi siswa yang dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Tujuan penelitian adalah melihat pengaruh metode pembelajaran hybrid berbantuan AICC dan keterlibatan siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Metode penelitian Quasi Eksperiment Model 2 x 3 faktorial pre-test-post-test nonequivalent control group design digunakan menguji keefektifan metode hybrid berbantuan AICC dan keterlibatan siswa terhadap hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kuesioner dan tes pembelajaran matematika. Analisa data menggunakan Two-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran hybrid berbantuan AICC dan keterlibatan siswa berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode hybrid tanpa AICC tetapi tetap tergantung dengan tingkat keterlibatan siswa. Dari hasil interaksi diperoleh keterlibatan siswa terhadap kemampuan hasil belajar 1) tidak ada perbedaan hasil belajar antara keterlibatan siswa tinggi dan sedang. 2) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara keterlibatan siswa sedang dengan rendah dan 3) Ada perbedaan keterlibatan siswa tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa. Implikasi penggunaan metode hybrid classroom berbantuan AICC menjadi pilihan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pengajaran jarak jauh pada masa new normal. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan metode ini agar kompetensi pembelajaran siswa dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271792

Actions (login required)

View Item View Item