Peningkatan kesadaran diri mahasiswa menggunakan cognitive restructuring self-help / Stefanus Lio - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kesadaran diri mahasiswa menggunakan cognitive restructuring self-help / Stefanus Lio

Lio, Stefanus (2022) Peningkatan kesadaran diri mahasiswa menggunakan cognitive restructuring self-help / Stefanus Lio. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kesadaran diri yang merupakan kapasitas dasar dan utama yang dimiliki manusia untuk melakukan perubahan atau perbaikan diri ke arah yang lebih baik sekaligus menghindari individu dari perilaku-perilaku yang merugikan diri dan orang lain menjadi fokus utama peneliti dalam penelitian ini. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran diri adalah dengan menggunakan cognitive restructuring self-help. Penggunaan cognitive restructuring self-help dalam format lembar kerja refleksi diri dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa program studi pendidikan musik mengubah dan mengembangkan pola pikir baru atau alternatif yang lebih positif dan adaptif untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) mereka sebagai dasar dan landasan bagi perbaikan dan perubahan diri yang lebih baik atau setidak-tidaknya dapat mengubah sikap dan perilaku mereka yang inkompeten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dan desain Nonequivalent (Pre-test dan Post-test) Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 mahasiswa yang memiliki tingkat kesadaran diri sedang. Mereka dibagi dalam kelompok eksperimen (15 orang) dan kelompok kontrol (12 orang). Pengumpulan data menggunakan instrumen skala kesadaran diri. Intervensi menggunakan cognitive restructuring self-help untuk kelompok eksperimen dan bimbingan kelompok untuk kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test untuk membandingkan perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen pada aspek kesadaran diri dan Mann Whitney U Test untuk menentukan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga Wilcoxon Signed Ranks Test yaitu Z hitung sebesar -3 412 dengan signifikansi sebesar 0 001 yang lebih kecil dari 0 05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan skor posttest. Hal ini berarti cognitive restructuring self-help efektif meningkatkan kesadaran diri mahasiswa. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan nilai Mann-Whitney U sebesar 69 000 dan nilai uji Z sebesar -1 031 dengan signifikansi sebesar 0 302 yang lebih besar daripada 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata posttest kesadaran diri mahasiswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga perubahan atau peningkatan skor yang terjadi pada kedua kelompok setelah intervensi diasumsikan karena pengaruh dari intervensi yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa cognitive restructuring self-help dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam pemberian layanan konseling untuk membantu mahasiswa meningkatkan kesadaran diri mereka. Mengingat bahwa penelitian ini hanya melibatkan para mahasiswa dari program studi pendidikan musik sehingga tidak bisa digeneralisasi untuk setting konseli yang lebih luas maka disarankan untuk melibatkan para mahasiswa dari program studi yang lain dalam lingkup fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dan pada tingkat populasi yang lebih luas dan beragam. Selain itu penting juga untuk melihat dan menilai hasil jangka panjang dari penerapan metode cognitive restructuring self-help guna memastikan bahwa perubahan yang dicapai akan bertahan dalam kurun waktu yang lama dan membandingkan hasil dari cognitive restructuring self-help dengan cognitive restructuring therapy.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271790

Actions (login required)

View Item View Item