Pengaruh model pembelajaran melalui pengalaman dalam bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap keterampilan sosial / Randi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran melalui pengalaman dalam bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap keterampilan sosial / Randi Saputra

Saputra, Randi (2022) Pengaruh model pembelajaran melalui pengalaman dalam bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap keterampilan sosial / Randi Saputra. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan sosial sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa tidak sedikit siswa yang terlibat perilaku salahsuai disebabkan rendahnya keterampilan sosial mereka khusunya pada aspek Kerja sama ketegasan tanggung jawab empati dan pengendalian diri. Teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman merupakan salah satu alternatif yang dapat dijadikan sebagai bahan intervensi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial menjadi kajian utama dalam penelitian ini karena semua aspek dari keterampilan sosial sangat dibutuhkan oleh siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan dan melangsungkan rantai interaksi sosial baik di bidang akademik sosial masyarakat dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman terhadap ketrampilan sosial. Penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan pretest-posttest comparasion group design. Penelitian ini dilakukan di kota Pontianak Kalimantan Barat sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang dipilih secara purposive sampling. 20 siswa dari sekolah berbasis Agama dan boarding school dengan latar belakang budaya yang berbeda yaitu MTsN 2 Pontianak yang terbagi dalam kelompok kontrol (kelompok pembanding) mengguankan teknik symbolic modeling saja dan kelompok eksperimen (dengan menggunakan teknik symbolic modeling dalam pembelajaran melalui pengalaman atau disebut juga dengan experiential learning). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument perlakuan dan skala Sosial Skill Rating System (SSRS). Untuk mendapatkan data tambahan juga digunakan pedoman wawancara refleksi menggunakan metode GURU yaitu Ground pengalaman nyata kongkrit dialami Understand memahami cara pandang pemikiran atau persepsi yang muncul dalam diri Revise mempertanyakan atau mengkritisi cara pandang pemikiran dan persepsi (yang muncul di bagian understand) Use menumbuhkan niat kongkrit untuk berubah ke depan lebih baik dalam berperilaku serta Home Work atau jurnal yang terkait dengan dimensi atau konstruk dari keterampilan sosial. Sebelum digunakan instrument telah diuji oleh ahli bimbingan dan konseling. Data dianalisis dengan teknik analisis uji Wilcoxon dan uji two independent test mann whitney U. Kemudian untuk menguji pengaruh maka dilakukan analisis deksriptif statistik dengan melihat hasil mean pretest dan mean posstest pada masing-masing kelompok. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa teknik bimbingan kelompok symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa MTsN 2 Pontianak. Secara khusus hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman terhadap keterampilan sosial siswa MTsN. (2) terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik symbolic modeling terhadap keterampilan sosial siswa MTsN (3) terdapat perbedaan pengaruh bimbingan kelompok teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman dengan teknik symbolic modeling terhadap keterampilan sosial siswa MTsN. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman lebih berpengaruh dari pada teknik symbolic modeling saja dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di MTsN 2 Pontianak. Berdasarkan temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman lebih berpengaruh dari pada bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modeling saja untuk meningkatkan keterampilan sosial di MTsN 2 Pontianak. Kemudian bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modeling terbukti cukup berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) guru bimbingan dan konseling atau konselor disarankan untuk menggunakan teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman terhadap populasi siswa yang lebih luas melalui rancangan eksperimen murni. Guru bimbingan dan konseling atau konselor dapat menjadikan buku panduan Bimbingan Kelompok teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman sebagai alternatif dan menambah wawasan dalam meningkatkan keterampilan hidup siswa lainnya (2) peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji pengaruh teknik symbolic modeling dalam model pembelajaran melalui pengalaman terhadap populasi yang lebih luas melalui design atau rancangan serta teknik penelitian lainnya seperti eksperimen murni.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271788

Actions (login required)

View Item View Item