Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas melayu untuk meningkatkan harmoni sosial siswa / Halida - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas melayu untuk meningkatkan harmoni sosial siswa / Halida

Halida (2022) Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas melayu untuk meningkatkan harmoni sosial siswa / Halida. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harmoni sosial sangat penting distimulasi kepada anak sejak dini karena berkaitan dengan karakter. Karakter tercermin pada sikap seseorang untuk menghargai keberagaman budaya toleransi keterbukaan diri dan dapat menyelesaikan konflik secara konstruktif. Fakta yang terjadi di lapangan perilaku disharmoni siswa semakin meresahkan. Siswa kurang menghargai adanya perbedaan padahal Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya. Keterbukaan diri dan rasa toleransi yang rendah menyebabkan timbulnya konflik. Perkembangan teknologi gaya hidup faktor keluarga cyberbullying dan perubahan sosial memicu munculnya perilaku disharmoni. Guru BK memiliki peran sentral dalam meningkatkan harmoni sosial siswa. Bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas Melayu dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan karakter saling menghargai keragaman budaya toleransi keterbukaan diri dan kejujuran serta mampu bekerjasama memecahkan masalah. Dalam bimbingan kelompok individu dapat mengarahkan pemikiran sikap maupun perilaku individu agar lebih berdaya buat diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas melayu untuk meningkatkan harmoni sosial siswa. Desain penelitian menggunakan eksperimen murni dengan pretest-posttest comparison group design. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP se-Kota Pontianak. Untuk mengetahui tingkat harmoni sosial siswa menggunakan instrumen skala harmoni sosial. Data yang digunakan yaitu data interval analisis dilakukan melalui statistik parametrik. Analisis data meliputi analisis deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan untuk melihat perbedaan keefektifan sebelum dan sesudah perlakuan. Sedangkan uji t sampel tidak berpasangan digunakan untuk melihat perbedaan keefektifan dari kedua seni. Data diolah menggunakan bantuan program SPSS versi 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TMS-SKM efektif meningkatkan harmoni sosial siswa kelas VII SMP sekota Pontianak. Hasil uji- t menunjukkan terdapat keefektifan TMS-SKM untuk meningkatkan harmoni sosial siswa. Hasil uji-t menunjukkan terdapat keefektifan TMS-SG untuk meningkatkan harmoni sosial siswa. Hasil uji-t menunjukkan terdapat keefektifan TMS-KT untuk meningkatkan harmoni sosial siswa. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan tidak terdapat perbedaan harmoni sosial siswa antara kelompok TMS-SG dengan kelompok TMS-KT. Gubahan bait-bait syair gulung dan kesenian tundang dalam video modeling simbolis mampu mempengaruhi emosi siswa sehingga terjadi perubahan cara berpikir dan berperilaku dalam menanggapi stimulus. Gubahan larik-larik kedua seni ini sama-sama mempunyai magnet yang kuat dalam menarik pikiran dan emosi siswa untuk hidup harmonis. Temuan dari penelitian ini yaitu harmoni sosial merupakan hal penting dimiliki siswa untuk mendukung pendidikan karakter. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu sebagai tolak ukur pengambilan keputusan bagi Guru BK untuk membantu harmoni sosial siswa. Disarankan kepada Guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis bermuatan seni khas Melayu untuk meningkatkan harmoni sosial siswa. Untuk peneliti selanjutnya perlu menambahkan muatan seni lainnya sehingga lebih variasi dalam memberikan bimbingan kelompok. Melakukan penelitian dengan mengambil sampel lebih banyak dan luas di SMP se Kalimantan Barat sehingga mudah digeneralisasikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271787

Actions (login required)

View Item View Item