Keefektifan teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional untuk meningkatkan komunikasi antarbudaya siswa SMK pariwisata / Putu Ari Dharmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional untuk meningkatkan komunikasi antarbudaya siswa SMK pariwisata / Putu Ari Dharmayanti

Dharmayanti, Putu Ari (2022) Keefektifan teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional untuk meningkatkan komunikasi antarbudaya siswa SMK pariwisata / Putu Ari Dharmayanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dharmayanti Putu Ari. 2022. Keefektifan Teknik Role Playing Bermuatan Nilai Tri Kaya Parisudha Dalam Konseling Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Komunikasi Antarbudaya Siswa SMK Pariwisata. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Andi Mappiare. A.T. M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd (III) Dr. Adi Atmoko M.Si Komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang terjadi diantara orang-orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda baik itu suku agama maupun jenis kelamin. Pengembangan kompetensi komunikasi antarbudaya ini ditinjau dari salah satu pendekatan konseling yaitu analisis transaksional yang mengasumsikan pentingnya transaksi dan komunikasi antar individu. Pendekatan ini dalam prakteknya lebih mengutamakan kegiatan konseling dengan format kelompok dan intervensi yang digunakan berada pada domain kognitif dan behavioral. Pada tahap intervensinya konseling kelompok analisis transaksional menggunakan teknik role playing yaitu teknik yang melibatkan pemodelan dan umpan balik yang sistematis yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial yang belum berkembang salah satunya mengenai komunikasi antarbudaya. Dalam proses pemberian intervensinya teknik role playing dikaitkan dengan nilai-nilai kearifan lokal dalam masyarakat Bali karena Pulau Bali merupakan salah satu bagian dari Indonesia yang banyak memiliki budaya dan nilai filosofi yang dapat diinternalisasi dalam kehidupan termasuk dalam nilai-nilai etika pada masyarakat. Salah satu nilai moral yang popular dalam masyarakat Bali adalah Tri kaya parisudha yang merupakan ajaran etika yang menyelaraskan satu sama lain antara pikiran yang baik berpikir positif serta mampu berpikir secara rasional (manacika) (2) perkataan yang baik yang logis yang sopan (wacika) dan perilaku (kayika). Keunggulan menggunakan nilai lokal ini selain siswa dapat mengembangkan nilai karakternya siswa juga dapat mengenali nilai-nilai budaya lokal yang dimiliki oleh daerahnya sehingga sebagai generasi penerus bangsa mereka dapat melestarikan nilai-nilai lokal agar tidak tergerus dan hilang dalam era moderinisasi. Peneliti bermaksud memperoleh data secara cermat sebagai hasil teknik baru dalam bimbingan dan konseling yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling kelompok analisis transaksional. Untuk maksud tersebut bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest comparison group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau judgmental sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan penilaian (judgment) peneliti. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrument yaitu (1) bahan perlakuan (Modul teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional) dan (2) instrument pengumpulan data berupa skala kompetensi komunikasi antarbudaya selain itu didukung dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistic non parametric uji wilcoxon dan menggunakan Uji Mann Whitney. Untuk menjawab hipotesis pertama dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil tabel uji hipotesis pretest dengan posttest 1 dikelompok eksperimen yang menunjukkan angka signifikansi sebesar 0 028 yang berarti kurang dari 0 05 sehingga Ho ditolak sementara tabel uji hipotesis pretest dengan posttest 1 kelompok eksperimen pembanding menunjukkan angka signifikansi sebesar 0 028 yang berarti kurang dari 0 05 sehingga Ho ditolak jadi hipotesis 1 pada kelompok eksperimen dan kelompok eksperimen pembanding diterima yaitu terdapat perbedaan komunikasi antarbudaya siswa SMK Pariwisata antara sebelum intervensi teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional dan setelah intervensi dikelompok eksperimen. Untuk menjawab hipotesis kedua dalam penelitian ini dapat dilihat pada tabel uji hipotesis posttest 1 dengan posttest 2 menunjukkan angka signifikansi sebesar 0 829 yang berarti lebih besar dari dari 0 05 sehingga Ho diterima sementara tabel uji hipotesis posttest 1 dengan posttest 2 pada kelompok eksperimen pembanding menunjukkan angka signifikansi sebesar 0 589 yang berarti lebih besar dari dari 0 05 sehingga Ho diterima jadi hipotesis 2 pada kelompok eksperimen dan kelompok ekperimen pembanding diterima yaitu tidak terdapat perbedaan komunikasi antarbudaya siswa SMK Pariwisata antara sebelum intervensi teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional dan setelah intervensi dimasing-masing kelompok. Untuk menjawab hipotesis ketiga dapat dilihat dari tabel uji hipotesis posttest 1 kelompok eksperimen dan posttest 1 kelompok eksperimen pembanding menunjukkan nilai U sebesar 10 5 dan nilai W sebesar 31 5 Apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya -2 203. Nilai Sig atau P Value sebesar 0 229 lebih besar dari 0 05. Apabila nilai p value besar dari batas kritis 0 05 maka tidak terdapat perbedaan bermakna antara dua kelompok atau yang berarti H1 ditolak dan H0 diterima yaitu tidak terdapat perbedaan yang berarti antara posttest 1 dikelompok eksperimen dengan posttest 1 dikelompok eksperimen pembanding. Saran yang dikemukakan yaitu disarankan kepada penggunaan teknik role playing dalam konseling analisis transaksional hendaknya memperhatikan pemilihan materi intervensi yang tepat sesuai dengan tahapan-tahapan dalam teknik role playing serta disesuaikan dengan variable penelitian. selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah refrensi dalam melaksanakan teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisuda dalam konseling analisis transaksional dalam layanan bimbingan konseling dan kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan intervensi teknik role playing bermuatan nilai tri kaya parisudha dalam konseling analisis transaksional dengan menggunakan rancangan lain dan analisis data yang lain

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271784

Actions (login required)

View Item View Item