Pengembangan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP / Luh Putu Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP / Luh Putu Sri Lestari

Lestari, Luh Putu Sri (2022) Pengembangan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP / Luh Putu Sri Lestari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Respectful mind merupakan aspek yang penting untuk dikembangkan dalam menghadapi tantangan keberbedaan sehingga individu dapat hidup berdampingan dengan siapapun. Namun di sekolah masih banyak ditemui sikap dan perilaku siswa yang mengindikasikan respectful mind yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena respon emosional mereka sangat dipengaruhi oleh cara berpikir mereka yang keliru dalam memandang diri sendiri dan orang lain. Permasalahan ini menunjukkan perlunya ditanamkan nilai-nilai kearifan lokal untuk menciptakan suasana yang harmonis dalam keberagaman. Nilai tat twam asi yang mulai terpinggirkan di era digital saat ini sangat penting untuk dibangkitkan kembali sebagai nilai kearifan lokal Bali yang dapat meningkatkan respectful mind siswa. Nilai paras paros asah asih asuh salungung sabayantaka yang terkandung dalam nilai tat twam asi dijadikan landasan berpikir merasa dan berperilaku yang dituangkan dalam bahan bacaan melalui strategi bibliokonseling sehingga dapat menghindarkan siswa dari tindakan-tindakan anti keberagaman anti perbedaan dan intoleransi untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis. Bibliokonseling merupakan salah satu strategi dalam konseling kognitif behavioral. Bibliokonseling dipilih sebagai strategi untuk peningkatan respectful mind siswa karena strategi bibliokonseling memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan respectful mind melalui kegiatan menggunakan bahan bacaan untuk menumbuhkan keyakinan nilai dan prinsip baru yang mendasari komitmen terhadap respectful mind. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini dengan mengembangkan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling yang layak dan berterima secara teoritis dan praktis sehingga dapat menjadi alternatif layanan konseling untuk meningkatkan respectful mind siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg amp Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tahap-tahap pengembangan sesuai kebutuhan penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian dan pengembangan ini prosedur pengembangan dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap studi pendahuluan tahap pengembangan produk serta tahap uji coba dan evaluasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian ahli media instrumen penilaian ahli konseling instrumen penilaian calon pengguna instrumen penilaian ahli budaya dan respectful mind scale (RMS). Uji ahli dan uji calon pengguna dianalisis dengan menggunakan analisis inter rater dari Gregory sedangkan uji efektifitas dianalisis dengan uji wilcoxon uji paired t-test dan interpretasi data. Hasil analisis data uji ahli media terhadap format model diperoleh indeks validasi sebesar 1 (sangat tinggi) uji ahli konseling terhadap isi materi konseling diperoleh indeks validasi sebesar 1 (sangat tinggi) uji ahli budaya Bali terhadap isi muatan nilai tat twam asi diperoleh indeks validasi sebesar 1 (sangat tinggi) dan uji coba pengguna produk (guru BK) terhadap isi materi konseling diperoleh indeks validasi sebesar 1 (sangat tinggi). Hasil analisis uji efektifitas melalui serangkaian pengujian yang telah dilakukan menunjukkan kelayakan produk dari sisi praktis yaitu implementasi produk terhadap sasaran layanan. Hasil perhitungan wilcoxon signed rank test menunjukkan adanya perbedaan respectful mind siswa. Hasil perhitungan paired t-test memperkuat bahwa perlakuan yang diberikan yakni konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan respectful mind siswa. Dengan demikian model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas dan efektif untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru BK sebagai pengguna produk untuk dapat mengimplementasikan model konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling bersama rekan-rekan guru BK. Hal ini dapat menjadi refleksi dan evaluasi sehingga dapat saling menilai dan memberikan masukan berkaitan dengan proses pelaksanaan konseling yang dilakukan. Kepada peneliti dan pengembang selanjutnya disarankan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut berkaitan dengan konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk mengatasi permasalahan yang lain. Peneliti selanjutnya juga disarankan meneliti keefektifan konseling kognitif behavioral bermuatan nilai tat twam asi melalui strategi bibliokonseling untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP dengan rancangan eksperimen murni dan populasi yang lebih luas sehingga diperoleh generalisasi yang lebih kuat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271783

Actions (login required)

View Item View Item