Pengaruh psikoedukasi menggunakan teknik visioning terhadap adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 1 Kupang / Foctanian Lohmay - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh psikoedukasi menggunakan teknik visioning terhadap adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 1 Kupang / Foctanian Lohmay

Lohmay, Foctanian (2022) Pengaruh psikoedukasi menggunakan teknik visioning terhadap adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 1 Kupang / Foctanian Lohmay. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lohmay Foctanian 2022. Pengaruh psikoedukasi menggunakan teknik visioning terhadap adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 1 Kupang Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng. M.Pd. (2) Dr. Muslihati. S.Ag. M.Pd. (3) Dr. Adi Atmoko. M.Si Kata Kunci Psikoedukasi teknik visioning adaptabilitas karier. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era revolusi industri 4.0 memberi dampak nyata pada perkembangan karir dimana kualitas dan kompetensi masyarkat dituntut untuk mampu bersaing baik pada era ini. Orientasi program pada sekolah menengah kejuruan mengarahkan siswa pada bekerja melanjutkan studi dan wirausaha. Namun lulusan SMK harus menghadapi tantangan dari berbagai aspek jenis dan tuntutan serta transisi dari belajar menuju ke dunia kerja (transisi karir) pergeseran posisi pekerjaan yang beberapa digantikan oleh teknologi mesin. Hal ini membuat individu dituntut untuk memiliki kesiapan karir yang baik dalam menghadapi perubahan yang nampak nyata terjadi pada saat ini. Adaptabilitas karir merupakan keterampilan individu dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang berhubungan dengan perkembangan dan pengembangan karier serta individu harus memiliki karakter peduli/perhatian (concern) kontrol (control) keingintahuan (curiosity) dan keyakinan (confidence). Adaptabilitas karier siswa SMK tidak bersifat konsisten namun dinamis sehingga dapat dikembangkan. Lemahnya kesiapan karier membuat siswa tidak dapat menghadapi dinamika karier dalam dunia usaha dan industri serta memungkinkan timbulnya hambatan dalam karier. psikoedukasi melalui teknik visioning merupakan salah satu intervensi layanan bimbingan karier yang dapat meningkatkan adaptabilitas karier siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi menggunakan teknik visioning terhadap peningkatan adaptabilitas karir siswa SMK di Kupang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan pretest-posttest comparison group design. penelitian ini dilakukan di Kupang Nusa Tenggara Timur dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Kupang yang dipilih secara purposive sampling dari dua kelompok berbeda. Lima belas (15) siswa dalam kelompok eksperimen dan lima belas (15) siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan dan skala adaptabilitas karir (career Adapt-Abilities Scale). Sebelum digunakan instrumen di uji ahli bimbingan dan konseling dan ahi media. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data uji wilcoxon serta uji mann whitney. Berdasarkan hasil uji validitas pada 24 instrumen menggunakan program excel dengan jumlah N ialah tiga puluh (30) sebesar 0 36 dan jumlah perbutir soal r-hitung di atas dari jumlah r-tabel dan dapat disimpulkan bahwa kondisi dua puluh empat (24) item pernyataan dinyatakan valid sehingga dapat dilanjutkan untuk uji reliabilitas dengan hasilnya yaitu 0 0907 gt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh item pernyataan dapat digunakan sebagai alat ukur dalam mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa psikoedukasi melalui teknik visioning efektif dalam meningkatkan adaptabilitas karier siswa SMK Negeri 1 Kupang. Secara khusus hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh peningkatan kemampuan adaptabilitas karir siswa antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan melalui teknik visioning dalam seting psikoedukasi pada siswa SMK Negeri 1 Kupang. Kemudian berdasarkan hasil mean pretest (52.87) dan mean posttest (82.93) psikoedukasi menggunakan teknik visioning efektif dalam meningkatkan kemampuan adaptabilitas karir (2) Terdapat pengaruh peningkatan kemampuan adaptabilitas karir sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan melalui teknik diskusi dalam seting psikoedasi pada siswa SMK Negeri 1 Kupang kemudian hasil mean pretest (51 93) dan mean posttest (76 40). Dapat disimpulkan teknik diskusi kelompok dalam seting psikoedukasi juga berpengaruh dalam meningkatkan adaptabilitas karir siswa SMK Negeri 1 Kupang (3) Terdapat perbedaan peningkatan adaptabilitas karir siswa yang di intervensi dengan menggunakan teknkik visioning dalam seting psikoedukasi dan teknik diskusi kelompok dalam seting psikoedukasi pada siswa SMK Negeri 1 Kupang. Dengan hasil mean posttest eksperimen (19 43) dan mean posttest kontrol (11 57). Maka dapat disimpulkan bahwa teknik visioning dan teknik diskusi memiliki pengaruh terhadap peningkatan adaptabilitas kair siswa tetapi dilihat dari hasil skor mean uji mann withney maka dilihat lebih besar dipengaruhi oleh teknik visioning dalam seting psikoedukasi. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan pertama. Bagi peneliti lanjut untuk melakukan penelitian lanjutan yang berupa penelitian pengembangan dan lainnya. Kedua memberi sumbangsi layanan untuk guru BK dalam melakukan need assesment pada siswa. Ketiga berbagai teori adaptabilitas karier memiliki kerangka konsep dengan sudut pandang masing-masing.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271781

Actions (login required)

View Item View Item