Kefektifan bimbingan kelompok strategi experiential learning bermuatan ca’oca’an untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa / M Ismail Makki - Repositori Universitas Negeri Malang

Kefektifan bimbingan kelompok strategi experiential learning bermuatan ca’oca’an untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa / M Ismail Makki

Makki, M Ismail Makki (2022) Kefektifan bimbingan kelompok strategi experiential learning bermuatan ca’oca’an untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa / M Ismail Makki. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan sosial merupakan salah satu kecerdasan yang penting untuk dikembangkan bagi peserta didik termasuk peserta didik etnik Madura karena dapat menunjang kesuksesan dalam interaksi sosial. Selain itu faktor identitas etnik perantau dan adanya sterotype negatif terhadap etnik Madura yang dianggap keras dalam inetraksi sosial menambah pentingnya penelitian pengembangan kecerdasan sosial dengan memperhatikan kearifan lokal yang ada. Tujuan penelitian ini adalah menguji kefektifan bimbingan kelompok strategi experiential learning bermuatan ca’oca’an dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa MA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen eqiuvalent time series dengan sampel sebanyak 12 orang siswa MA Al-Amien II Prenduan. instrumen perlakuan berupa panduan Bimbingan kelompok dengan Strategi experiential learning untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa yang telah di uji oleh dua ahli BK dan dua Ahli media dengan skor rata-rata sebesar 3 28 dan instrumen pengambilan data berupa skala kecerdasan sosial yang memiliki lima dimensi kecerdasan sosial yaitu situational awareness presense authenticit clarity dan empath). Hasil uji validitas diperoleh 41 butir yang valid dengan reliabilitas sebesar 0 906. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan pada pengukuran pretest dan posttest-1 didapati nilai Asyim.sig 2 ndash tailed yaitu 0 002 le 0 05 dengan nilai N Gain sebesar 0 49 atau 48 56 % (sedang). Pada pengukuran antara posttest-1 dan posttest-2 nilai Asymp.Sig 2-tailed yaitu 0 002 le 0 05 dengan nilai N Gain sebesar 0 78 atau 77 5 % (tinggi). Pada pengukuran pretest dan posttest-2 nilai Asymp.Sig 2-tailed yaitu 0 002 le 0 05 dengan nilai N Gain sebesar 0 87 atau 87 29 % (tinggi). Dapat disimpulkan bahwa strategi experiential learning bermuatan ca rsquo oca rsquo an efektif untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa MA etnik Madura. Temuan penelitian ini adalah ca rsquo oca rsquo an sebagai kearfian lokal Madura bisa digunakan dalam layanan bimbingan kelompok dengan strategi experiential learning. Disarankan pada peneliti selanjutnya untuk menggunakan penelitaian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 06:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271780

Actions (login required)

View Item View Item