Dimensi identitas keacehan dalam cerita pendek karya remaja di Kota Banda Aceh / Raudhatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dimensi identitas keacehan dalam cerita pendek karya remaja di Kota Banda Aceh / Raudhatul Jannah

Jannah, Raudhatul (2022) Dimensi identitas keacehan dalam cerita pendek karya remaja di Kota Banda Aceh / Raudhatul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dimensi identitas merupakan penelitian yang meninjau konstruksi eksistensi diri tokoh yang menunjukkan identitas kediriannya dalam karya sastra. Adapun penelitian ini mengkaji dimensi identitas keacehan dalam cerita pendek karya remaja di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dimensi sosiokultural dan dimensi psikologis identitas keacehan tokoh dalam cerpen karya remaja di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis struktur teks. Data penelitian ini berupa kata-kata kalimat dan kutipan teks yang merepresentasikan identitas keacehan tokoh dalam cerita. Adapun sumber data penelitian ini adalah enam belas cerpen karya remaja di Kota Banda Aceh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan panduan pemilihan data pengodean data dan panduan analisis data sebagai instrumen pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis konten dengan alur analisis dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan penguatan teori yang relavan diskusi teman sejawat yang menekuni bidang sesuai dengan kajian penelitian diskusi intensif bersama dosen pembimbing dan pakar yang memahami identitas keacehan. Hasil penelitian yang diperoleh difokuskan pada dua dimensi identitas keacehan yaitu dimensi sosiokultural dan dimensi psikologis. Pertama dimensi sosiokultural identitas keacehan yang menunjukkan penggunaan peralatan/perlengkapan hidup direpresentasikan melalui pendeskripsian jenis makanan khas pakaian bangunan dan perlengkapan keseharian dan senjata khas sistem kemasyarakatan direpresentasikan melalui pendeskripsian tradisi masyarakat struktur sosial dan interaksi sosial tokoh sistem kebahasaan direpresentasikan melalui penamaan tokoh kata ganti sapaan kata dan ungkapan bahasa Aceh dan tradisi lisan sistem kesenian direpresentasikan melalui eksistensi seni musik dan seni tari khas daerah sistem kepercayaan direpresentasikan melalui cerita mitos daerah. Kedua dimensi psikologis identitas keacehan yang menunjukkan karakter dengan aspek kognitif direpresentasikan melalui pola penalaran dan pengambilan keputusan tokoh aspek motivasi direpresentasi dari pencapaian kebutuhan keamanan kebutuhan sosial dan kebutuhan aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271777

Actions (login required)

View Item View Item