Materi menulis bagi pelajar BIPA dalam buku 'Sahabatku Indonesia' / Pungky Septiriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Materi menulis bagi pelajar BIPA dalam buku 'Sahabatku Indonesia' / Pungky Septiriani

Septiriani, Pungky (2022) Materi menulis bagi pelajar BIPA dalam buku 'Sahabatku Indonesia' / Pungky Septiriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengeksplanasi materi menulis dalam buku Sahabatku Indonesia tingkat pemula dari sudut pandang ragam materi teknik penyajian materi dan model pelatihan materi menulis yang ditampilkan dalam buku tersebut. Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena dalam pembelajaran menulis pada kelas BIPA tingkat pemula yang memiliki berbagai kendala tentang kesesuaian bahan ajar dengan kebutuhan pelajar. Penelitian ini juga dilaksanakan untuk memberikan balikan terhadap buku ajar terstandar sehingga dapat digunakan sebagai acuan atau pemetaan dalam persiapan pembelajaran pengembangan bahan ajar pengembangan bahan tutorial maupun bahan pengayaan BIPA. Lebih lanjut penelitian ini dapat digunakan untuk merencanakan pengembangan buku ajar menulis BIPA yang lebih kompleks dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa BIPA. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksplanasi dengan analisis kritis. Data penelitian bersumber dari buku Sahabatku Indonesia BIPA 1 sampai dengan 3 untuk umum yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan pada tahun 2019. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik analisis wacana dan dikumpulkan dengan bantuan tabel pengumpulan data. Analisis data dilakukan dalam enam tahap. Tahapan tersebut meliputi klasifikasi data sajian data deskripsi data interpretasi data verfikasi data dan peninjauan ulang. Garis besar penelitian dilakukan dalam tiga tahap utama meliputi tahap perencanaan pelaksanaan dan pelaporan. Tahap perencanaan dilakukan dengan (a) menentukan fokus penelitian (b) melakukan studi pendahuluan (c) melakukan studi pustaka sesuai dengan fokus penelitian dan (d) menyusun rancangan penelitian. Tahap pelaksanaan meliputi (a) melakukan pengumpulan data (b) melakukan pengolahan data berupa seleksi klasifikasi dan interpretasi (c) melakukan analisis data dan (d) memberi kesimpulan terhadap hasil penelitian. Tahap pelaporan meliputi (a) melakukan pelaporan draf laporan penelitian (b) melakukan revisi laporan penelitian dan (c) penggandaan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 39 data materi menulis yang ditemukan dalam buku Sahabatku Indonesia level pemula (BIPA 1-3). Ditinjau dari ragamnya materi menulis tersebut dipilah menjadi lima meliputi proses genre situasi topik tingkat kesulitan dan paparan bahasa. Ditinjau dari teknik penyajian materi menulis dalam buku Sahabatku Indonesia tingkat pemula dipilah menjadi dua aspek meliputi aspek urutan penyajian dan aspek aktivitas. Berdasarkan model pelatihan materi menulis dalam buku Sahabatku Indonesia tingkat pemula dipilah menjadi tiga meliputi ragam tugas bentuk tugas dan tuntutan aktivitas. Penelitian aspek proses menunjukkan bahwa terdapat 33 materi menulis yang memenuhi proses perencanaan sampai dengan perbaikan tulisan dan 6 materi menulis yang fokus pada proses pengembangan ide. Penelitian aspek genre menunjukkan bahwa terdapat 4 materi materi menulis teks eksposisi 24 materi menulis teks deskripsi 9 materi menulis teks narasi dan 1 materi menulis teks argumentasi. Penelitian aspek situasi menunjukkan bahwa terdapat Terdapat 6 materi menulis tanpa menyusun 29 materi menulis untuk memberi informasi dan 4 materi menulis untuk kepentingan pribadi. Penelitian aspek topik menunjukkan bahwa terdapat 32 materi dengan topik kehidupan sehari-hari 5 topik budaya dan 2 topik kebahasaan. Penelitian aspek tingkat kesulitan menunjukkan bahwa terdapat 32 materi menulis tingkat mudah dan 7 materi menulis tingkat sedang. Penelitian aspek paparan bahasa menunjukkan bahwa 34 materi dipaparkan dengan bahasa yang sederhana dan 5 materi dipaparkan dengan bahasa menengah. Penelitian aspek urutan penyajian menunjukkan bahwa terdapat 23 materi menulis dengan model pencapaian konsep 15 materi dengan model organisasi lanjut dan 1 materi yang disusun berdasarkan model simulasi sosial. Penelitian aspek aktivitas menunjukkan bahwa terdapat 32 materi menulis yang dapat dikerjakan di dalam kelas 4 materi menulis yang harus dikerjakan di luar kelas dan 3 materi yang dapat dikerjakan di dalam maupun di luar kelas. Penelitian aspek ragam tugas menunjukkan bahwa terdapat 22 materi menulis faktual dan 17 materi menulis imajinatif. Penelitian aspek bentuk tugas menunjukkan bahwa terdapat 2 materi menulis kata 10 materi menulis kalimat dan 27 materi menulis paragraf. Penelitian aspek tuntutan aktivitas menunjukkan bahwa terdapat 12 materi menulis intensif 28 materi menulis responsif dan 1 materi menulis ekstensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271771

Actions (login required)

View Item View Item