Pengembangan bahan ajar menulis cerpen cinta damai untuk menguatkan karakter kebangsaan dan menstimulasi kreativitas siswa Sekolah Menengah Atas / Agelgara Kusumo Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis cerpen cinta damai untuk menguatkan karakter kebangsaan dan menstimulasi kreativitas siswa Sekolah Menengah Atas / Agelgara Kusumo Putro

Putro, Agelgara Kusumo (2022) Pengembangan bahan ajar menulis cerpen cinta damai untuk menguatkan karakter kebangsaan dan menstimulasi kreativitas siswa Sekolah Menengah Atas / Agelgara Kusumo Putro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar penting untuk diteliti karena bahan ajar menjadi komponen utama dalam proses pembelajaran sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran. Bahan ajar juga memiliki peranan sebagai alat bantu penguasaan materi ajar oleh peserta didik. Fungsi tersebut dapat menjelaskan pentingnya penggunaan bahan ajar dalam proses belajar mengajar. Kompetensi teks cerpen menjadi salah satu materi ajar yang sangat membutuhkan bahan ajar. Selain alasan tingkat kesulitan materi yang tinggi teks cerpen juga mengandung nilai- nilai pendidikan karakter. Potensi tersebut harus diolah secara maksimal melalui proses pengembangan bahan ajar. Pada konteks maraknya sikap intoleransi di era milenial saat ini sastra dapat digunakan sebagai media pembelajaran karakter melalui pemodelan tingkah laku pola pikir dan budaya masyarakat yang tercermin dalam karya sastra. Berbagai media masa telah banyak mengungkap perilaku intoleran yang dilakukan oleh masyarakat karena faktor perbedaan keyakinan ras kesukuan status dan paham. Bahkan perilaku ini juga dipertontonkan oleh oknum pejabat dan tokoh publik di negeri ini. Fenemona ini dapat dibendung melalui pembelajaran teks cerpen cinta damai. Cerpen mampu dan sangat potensial untuk merekonstruksi sikap dan karakter melalui penggambaran karakter dan tingkah laku tokoh yang membawa nilai-nilai tertentu. Pengembangan teks cerpen cinta damai didasarkan pada upaya pembentukan karakter kebangsaan. Karakter tersebut penting untuk ditanamkan kepada peserta didik sebagai respon terhadap lemahnya toleransi di era milenial. Karekter kebangsaan dapat dijabarkan menjadi lima sikap yakni toleransi kesetaraan empati simpati dan altruisme. Melalui pembelajaran teks cerpen damai kegiatan pembelajaran diarahkan tidak hanya untuk menguasai materi ajar saja namun aspek pendidikan karakter juga berusaha direalisasikan. Upaya ini selaras dengan Permendikbud nomor 20 tahun 2018 yang memasukkan sikap toleran sebagai salah satu karakter utama dalam penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Selain aspek penanaman karakter cinta damai perkembangan zaman melalui revolusi industri 4.0 menyaratkan sebuah keharusan agar metode pembalajaran diarahkan untuk menyiapkan siswa agar mampu bersiang di abad 21 ini. Salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki untuk merespon tantangan abad 21 adalah kreativitas. Kreativitas dapat dilatih secara intensif melalui pembelajaran teks cerpen dengan kegiatan berimajinasi mencipta dan mendalami sebuah persitiwa untuk dikonversi menjadi sebuah kisah atau cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks cerpen damai untuk menguatkan karakter cinta damai dan menstimulasi kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model Borg amp Gall. Berdasarkan uji validasi bahan ajar ini dikategorikan valid dan layak untuk digunakan. Bentuk penugasan pada bahan ajar ini juga dirancang secara sistematis untuk melatih aspek-aspek kreativitas yang meliputi originality elaboration flexibility dan fluency. Pengembangan cerita pada bahan ajar ini juga diupayakan untuk menunjukkan karakter cinta damai. Aspek karakter cinta damai yang ditunjukkan pada bahan ajar ini meliputi toleransi empati simpati kesetaraan dan altruisme. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar teks cerita pendek yang mengintegrasikan pelatihan aspek kreativitas serta muatan karakter kebangsaan. Bahan ajar ini terdiri dari tiga unit. Unit pertama bahan ajar ini adalah difokuskan untuk mengeksplorasi ide melalui pemodelan terbimbing untuk menulis cerpen. Pada unit ini sikap toleransi diintegrasikan dengan pembelajaran pengolahan ide cerita dan unsur intrinsik cerpan. Unit kedua pada bahan ajar ini berfokus pada aktivitas berkolaborasi dengan penuh simpati dan empati untuk membangun teks cerpen. Pada unit ini sikap empati dan simpati diintegrasikan dalam pembelajaran menulis cerpen secara utuh. Pada unit ketiga bahan ajar ini pembelajaran dilakukan melalui aktivitas menulis cerpen dengan memodifikasi karya orang lain. Pada tahap ini seluruh aspek kreativitas dan karakter kebangsaan dipadukan dalam satu siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validasi produk bahan ajar ini dikategorikan valid dan layak untuk diimplementasikan. Hal tersebut didasarkan pada besaran skor kelayakan pada aspek (1) kelayakan isi sebesar 93% (2) kelayakan penyajian mencapai 88 % (3) kelayakan bahasa sebesar 81% (4) kelayakan aspek grafis mencapai 76% dan (5) kelayakan penerapan pembelajaran keterampilan menulis cerpen mencapai 80%. Pada tahap uji keefektifan bahan ajar diperoleh nilai sig 0.432 dan lebih besar dari 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis teks cerpen cinta damai ini efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271770

Actions (login required)

View Item View Item