Praktik kuasa pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia di media sosial: analisis wacana kritis / Antok Risaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktik kuasa pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia di media sosial: analisis wacana kritis / Antok Risaldi

Risaldi, Antok (2022) Praktik kuasa pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia di media sosial: analisis wacana kritis / Antok Risaldi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pedofilia di Indonesia mengalami peningkatan. Kasus kejahatan secara seksual yang melibatkan anak di bawah umur dapat dilihat dari pemberitaan di media massa akhir-akhir ini cukup mengejutkan sejumlah siswa taman kanak-kanak (TK) di Jakarta menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual. Pedofil dalam berinteraksi sesama pedofil lainnya maupun dengan korban menggunakan internet sebagai sarana percakapan. Percakapan dalam komunitas pedofilia dipilih sebagai objek kajian karena percakapan yang dilakukan oleh pedofil dipandang sebagai suatu kejahatan ilegal yang identik dengan unsur-unsur eksploitasi pornografi serta mengandung kekerasan seksual terhadap korban. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan mengkaji praktik kuasa pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia di media sosial dengan menggunakan pisau analisis wacana kritis. Fokus penelitian ini adalah (1) praktik kuasa pelaku kejahatan melalui kosakata (2) praktik kuasa pelaku kejahatan melalui gramatikal dan (3) praktik kuasa pelaku kejahatan melalui visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang muncul berupa kata-kata frasa kalimat pada percakapan pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia di media sosial. Jenis penelitian kritis orientasi teoretis analisis wacana kritis. Data Penelitian ini berupa percakapan yang merepresentasikan praktik kuasa pelaku kejahatan melalui kosakata gramatikal dan visual dalam komunitas pedofilia di media sosial. Sumber data penelitian ini adalah dua media sosial yaitu wordpress JS https //jakongsu.wordpress.com dan facebook. Prosedur pengumpulan data netnografi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi netnografi online field notes studi dokumen dan kepustakaan serta pengarsipan digital. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis. Hasil penelitian pertama praktik kuasa pelaku kejahatan melalui kosakata meliputi proses leksikal metafora ekspresi eufemistik dan penamaan orang. Kedua praktik kuasa pelaku kejahatan melalui ketransitifan pronomina persona dan modalitas. Ketiga praktik kuasa pelaku kejahatan melalui visual meliputi elemen verbal dan elemen visual. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan praktik kuasa pelaku kejahatan dalam komunitas pedofilia diungkapkan melalui wacana yakni kosakata gramatikal dan visual. Praktik kuasa pelaku kejahatan juga dipengaruhi dengan adanya ideologi yang terepresentasikan dari pilihan bahasa khususnya ketransitifan. Ada dua penjelasan mengapa pelaku kejahatan memilih dan mendayagunakan bentuk kosakata gramatikal dan visual tertentu serta mengabaikan bentuk lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271768

Actions (login required)

View Item View Item