Lestari, Dewi Puji (2022) Aspek tuturan virtual dalam podcast deddy corbuzier / Dewi Puji Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengkaji aspek tuturan virtual dalam podcast deddy corbuzier. Fokus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan elemen konteks tuturan dalam perspektif cyberpragmatics pada podcast di kanal youtube dan (2) mendeskripsikan fungsi konteks tuturan dalam perspektif cyberpragmatics pada podcast di kanal youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi virtual. Data penelitian ini adalah tuturan berupa cuplikan percakapan/dialog yang mengandung elemen dan fungsi konteks dalam podcast di kanal youtube Deddy Corbuzier. Sumber data penelitian ini adalah transkripsi percakapan podcast Deddy Corbuzier di kanal youtube. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menerapkan metode simak bebas libat cakap dan teknik sadap. Penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap karena peneliti tidak turut serta melakukan komunikasi. Peneliti menyimak penggunaan bahasa secara lisan dalam podcast yang diwujudkan dengan teknik penyadapan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan alur kegiatan dari teori Miles dan Huberman. Komponen dalam analisis data yang digunakan meliputi (1) pengumpulan data dilakukan dengan mengamati tuturan dalam podcast kemudian ditranskrip dalam teks berupa tulisan (2) reduksi data dilakukan peneliti dengan mencermati mengidentifikasi menganalisis dan mengkodefikasi data yang didasarkan pada transkrip tuturan (3) penyajian data dilakukan dengan mengklasifikasikan data berdasarkan jenisnya yang didasarkan pada hasil reduksi data. Pengelompokan data didasarkan pada fungsi konteks dan (4) penyimpulan sementara terkait hasil analisis data yang dilakukan dengan dasar teori cyberpragmatics terkait konteks dalam komunikasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan teori konteks Dell Hymes (1974) yakni SPEAKING.Hasil penelitian ini menemukan lima puluh data tuturan yang dapat menjawab dua fokuspenelitian. Pertama elemen konteks tuturan dalam perspektif cyberpragmatics memiliki tujuh elemen yakni (1) setting and scene (2) participants (3) ends (4) act sequence (5) key (6) instrumentalities (7) norms of interaction and interpretation dan (8) genre. Kedelapan elemen tersebut hadir dalam keseluruhan data tuturan. Terdapat pergeseran pada elemen setting and scene karena bersifat tidak terbatas atau dinamis. Ditemukan dua setting dialogis (saat terjadinya tuturan) dan setelah tuturan diunggah ke kanal youtube. Selain itu elemen ends bersifat multitujuan karena tidak hanya antara penutur dan mitra tutur tetapi tujuan keduanya kepada penonton. Kemudian elemen genre menjadi lebih bebas dalam pemilihan jenis yang ingin digunakan oleh peserta tutur. Kedua fungsi konteks tuturan dalam perspektif cyberpragmatics yang terdiri dari sembilan fungsi yaitu (1) fungsi konteks mempertegas penyampaian informasi terdapat dalam lima data tuturan (2) fungsi mempertegas maksud tuturan terdapat dalam dua belas data tuturan (3) fungsi mengklarifikasi terdapat dalam lima data tuturan (4) fungsi memberi informasi latar belakang pengetahuan peserta tutur terdapat dalam sembilan belas data tuturan (5) fungsi mendeskripsikan kondisi mitra tutur terdapat dalam dua data tuturan (6) fungsi mendeskripsikan identitas mitra tutur terdapat dalam satu data tuturan (7) fungsi mempertegas maksud tuturan dan menggambarkan identitas penutur terdapat dalam satu data tuturan (8) fungsi memberi informasi latar belakang pengetahuan peserta tutur dan mempertegas maksud tuturan terdapat dalam dua data tuturan serta (9) fungsi memberi informasi latar belakang pengetahuan peserta tutur dan mempertegas peyampaian informasi terdapat dalam tiga data tuturan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271767 |
Actions (login required)
View Item |