Pengembangan bahan ajar audio visual lagu rakyat bermuatan kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks puisi siswa Kelas VIII SMPN 14 Malang / Redin Surya Bagas Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar audio visual lagu rakyat bermuatan kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks puisi siswa Kelas VIII SMPN 14 Malang / Redin Surya Bagas Santoso

Santoso, Redin Surya Bagas (2022) Pengembangan bahan ajar audio visual lagu rakyat bermuatan kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks puisi siswa Kelas VIII SMPN 14 Malang / Redin Surya Bagas Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar audio visual lagu rakyat bermuatan kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks puisi untuk siswa kelas VIII guna menciptakan kegiatan belajar yang menarik dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian merupakan penelitian pengembangan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII 8.1 SMP Negeri 14 Malang. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif berupa tanggapan (saran dan komentar) dari ahli materi ahli media ahli bahan ajar dan praktisi serta data kuantitatif berupa persentase dan skor dalam angket penilaian yang dibagikan pada ahli materi ahli media ahli bahan ajar praktisi dan siswa. Data mengenai keefektifan pembelajaran diperoleh melalui hasil angket minat belajar dan tanggapan siswa. Pengembangan penelitian ini melalui empat tahapan yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Karakteristik bahan ajar audio visual meliputi unsur (1) material (2) latihan tes/soal dan (3) lagu rakyat animatif. Ketiga komponen tersebut disajikan dalam bentuk format audio video pembelajaran dalam menunjang pembelajaran yang efektif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan produk audio visual memenuhi syarat kelayakan dan keefektifan. Hasil validasi produk ahli materi mendapat persentase skor 2.50 dengan kualifikasi baik. Validasi produk oleh ahli media mendapat 2.52 dengan kategori baik. Validasi produk oleh bahan ajar memperoleh skor 2.75 dengan kategori baik berdasarkan aspek materi dan media oleh praktisi mendapat persentase 2.75 dengan skor sangat baik diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Uji coba produk dilaksanakan oleh siswa yang mendapat persentase skor 2.8 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata keseluruhan skor yang diperoleh dari ahli media ahli materi ahli bahan ajar praktisi dan siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 2.73 dengan kategori baik dari skor maksimum 3 00 sehingga layak digunakan dan bahan ajar audio visual yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271764

Actions (login required)

View Item View Item