Hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif dalam novel aroma karsa karya Dewi Lestari / Sultoni Rijalur Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif dalam novel aroma karsa karya Dewi Lestari / Sultoni Rijalur Rachman

Rachman, Sultoni Rijalur (2022) Hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif dalam novel aroma karsa karya Dewi Lestari / Sultoni Rijalur Rachman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sultoni Rijalur Rachman. 2022. Hubungan Interpersonal Tokoh Obsesif-Kompulsif dalam Novel Aroma Karsa Karya Dewi Lestari. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. dan (II) Dr. Taufik Dermawan M.Hum. Kata Kunci Hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif Penelitian ini didasarkan pada interaksi yang dilakukan oleh individu abnormal memiliki pola dan ciri khas tersendiri. Terdapat empat fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bentuk gejala obsesif-kompulsif tokoh (2) struktur kepribadian tokoh obsesif-kompulsif (3) faktor yang mempengaruhi penilaian terhadap tokoh obsesif-kompulsif (4) pola hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian psikologi sastra. Temuan penelitian dianalisis menggunakan teori psikologi analitis Jung. Data penelitian berupa penggalan cerita dengan sumber data dari novel Aroma Karsa karya Dewi Lestari. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dilakukan dengan logika pemahaman dan kemampuan interpretatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi (1) membaca novel secara berulang-ulang (2) mengidentifikasi unit-unit teks dalam novel yang mengacu pada fokus penelitian (3) menandai data yang telah ditemukan sesuai dengan kategorisasi aspek dan indikator (4) memberikan kode pada setiap data yang ditemukan dan (5) jika data belum memadai kembali ke tahap pertama. Analisis data penelitian ini meliputi (1) klasifikasi data (2) sajian data (3) deskripsi data (4) interpretasi data (5) verifikasi data dan (6) jika analisis data belum memadai kembali ke tahap pertama. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesimpulan sebagai berikut. Hubungan interpersonal tokoh obsesif-kompulsif dengan tokoh lain berjalan sukses dan dijalin dengan saling memahami. Pola interaksi tokoh obsesif-kompulsif tidak dilakukan seacara langsung melainkan menggunakan media aroma. Interaksi yang dilakukan tokoh obsesif-kompulsif disebut komunikasi non verbal atau komunikasi olfaktori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271760

Actions (login required)

View Item View Item