Peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan pada novel Indonesia / Ninda Almaidatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan pada novel Indonesia / Ninda Almaidatul Jannah

Jannah, Ninda Almaidatul (2022) Peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan pada novel Indonesia / Ninda Almaidatul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ninda Almaidatul Jannah. 2022. Peran Perempuan dalam Penyelamatan Lingkungan Pada Novel Indonesia. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Taufik Dermawan M.Hum. dan (II) Prof. Dr. Maryeni M.Pd. Kata Kunci Peran perempuan penyelamatan lingkungan Isu lingkungan menjadi topik menarik diperbincangkan karena semakin terkikisnya kelestarian alam. Fenomena kerusakan alam tersebut ada keterkaitannya dengan perempuan dan pelaku eksploitasi alam. Tujuan penelitian ini adalah peran perempuan dalam upaya penyelamatan lingkungan. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu (1) peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan sebagai pemikir (2) peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan sebagai pelaksana dan (3) peran perempuan dalam penyelamatan lingkungan sebagai teladan sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ekofeminisme. Data penelitian berupa penggalan cerita teks naratif kutipan novel dengan sumber data dari tiga novel terbitan Indonesia. Tiga novel ini berjudul Luka Perempuan Asap karya Nafiah Al Ma rsquo rab Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan Sawitri karya Mashdar Zainal. Tiga novel ini dipilih dengan alasan bahwa ditemukan data latar belakang dari penggambaran tokoh perempuan sesuai dengan peran perempuan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif ekofeminisme. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi (1) membaca novel secara berulang-ulang (2) mengidentifikasi unit-unit teks dalam novel yang mengacu pada fokus penelitian (3) menandai data yang telah ditemukan sesuai dengan kategorisasi aspek dan indikator (4) memberikan kode pada setiap data yang ditemukan dan (5) jika data belum memadai kembali ke tahap pertama. Analisis data penelitian ini meliputi (1) klasifikasi data (2) sajian data (3) simpulan atau verifikasi data jika analisis data belum memadai kembali ke tahap pertama. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kesimpulan sebagai berikut. Peran penyelamatan lingkungan dapat dilakukan dalam tiga kategori yaitu sebagai pemikir sebagai pelaksana dan sebagai teladan sikap. Ketiga kategori tersebut sebagai bukti bahwa perempuan dapat berkontributor dalam penyelamatan lingkungan. Kontributor tersebut dilakukan sesuai dengan identitas sosial masing-masing seperti sebagai ibu mahasiswa dan aktivis alam. Hal ini dikarenakan perempuan lebih dominan memiliki perasaan yang lebih peka untuk merawat menjaga dan melindungi. Oleh karena itu perempuan sesuai jika disebut sebagai ibu bumi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271759

Actions (login required)

View Item View Item