Peningkatan keterampilan menulis naskah drama berbasis cerita rakyat tradisional melalui strategi pembelajaran joyfull berbantuan menara garasi kelas viii-f / Nuril Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis naskah drama berbasis cerita rakyat tradisional melalui strategi pembelajaran joyfull berbantuan menara garasi kelas viii-f / Nuril Oktaviani

Oktaviani, Nuril (2022) Peningkatan keterampilan menulis naskah drama berbasis cerita rakyat tradisional melalui strategi pembelajaran joyfull berbantuan menara garasi kelas viii-f / Nuril Oktaviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya kemampuan siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Glagah dalam pembelajaran menulis drama. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Peneliti bertindak sebagai perancang tindakan sedangkan guru bertindak sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus yang diperoleh nilai rata-rata 31 5. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas VIII-F masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan strategi joyfull berbantuan menara garasi (mencocokkan gambar dan narasi) pada pembelajaran menulis naskah drama. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan siklus 1 adalah 75 10 nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus 2 adalah 94 97. Kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 1 adalah 80 46 nilai kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 2 adalah 86 64. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis naskah drama ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 62 7 nilai rata-rata siswa pada siklus 2 adalah 82 6. Dengan demikian penerapan strategi joyfull berbantuan menara garasi (mencocokkan gambar dan narasi) mampu meningkatkan pembelajaran menulis drama dari segi proses dan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271758

Actions (login required)

View Item View Item