Ideologi dalam majalah bobo: kajian analisis wacana kritis / Muhammad Shohiburrida - Repositori Universitas Negeri Malang

Ideologi dalam majalah bobo: kajian analisis wacana kritis / Muhammad Shohiburrida

Shohiburrida, Muhammad (2022) Ideologi dalam majalah bobo: kajian analisis wacana kritis / Muhammad Shohiburrida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) ideologi yang diperjuangkan dalam majalah Bobo (2) representasi ideologi yang diperjuangkan dalam majalah Bobo dan (3) strategi yang digunakan untuk memperjuangkan ideologi dalam majalah Bobo. Data penelitian ini adalah kata frasa dan kalimat dalam wacana serta gambar atau ilustrasi pada majalah Bobo yang mengandung ideologi representasi dan strategi yang diperjuangkan. Sumber data penelitian ini adalah rubrik fiksi dan nonfiksi yang terdiri atas dialog dalam cerita bergambar cerpen dongeng dan artikel pengetahuan umum bermuatan ideologi yang terdapat dalam majalah Bobo edisi bulan Januari 2020 sampai dengan bulan Desember 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Orientasi teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Van Dijk. Data dianalisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif interpretatif. Hasil menunjukkan bahwa (1) ideologi yang tersembunyi dalam majalah Bobo bertujuan untuk memengaruhi pemikiran anak-anak (pembaca) agar menjadi anak yang baik dan berperilaku sesuai nilai/ norma dan sesuai dengan pemikiran penulis/ media (2) ideologi dalam majalah Bobo merepresentasikan kenyataan yang berkaitan dengan ideologi atau pandangan penulis terhadap peristiwa atau norma dan (3) ideologi dalam majalah Bobo dibentuk melalui penyusunan tema pembentukan skema penekanan ideologi dengan penjelasan yang eksplisit dan detail pemilihan struktur kalimat serta pemilihan kata dan grafis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271757

Actions (login required)

View Item View Item