Pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal situbondo / Nur Winda Qomariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal situbondo / Nur Winda Qomariyah

Qomariyah, Nur Winda (2022) Pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal situbondo / Nur Winda Qomariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eksistensi kearifan lokal mulai terancam keberadaannya oleh budaya asing yang masuk melalui teknologi salah satunya kearifan lokal Situbondo. Salah satu upaya mempertahankan eksistensi kearifan lokal Situbondo adalah mengoptimalkan peran sekolah. Maka pembelajaran yang berlangsung dapat mengintegrasikan kearifan lokal Situbondo. Guru seringkali menggunakan bahan ajar yang siap pakai sehingga bahan ajar tersebut berkemungkinan tidak sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan peserta didik. Hal tersebut diungkapkan peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik kesulitan menggunakan bahan ajar dari guru dalam kegiatan pembelajaran di rumah. Pada materi teks LHO belum ada materi mengenai tahapan observasi dan masih terdapat kesalahan berbahasa dalam teks LHO peserta didik. Maka dari itu penelitian ini mengembangkan bahan ajar teks LHO bermuatan kearifan lokal Situbondo yang dapat digunakan pada kegiatan belajar di rumah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar teks LHO bermuatan kearifan lokal Situbondo yang layak digunakan dan menguji keefektifan produk bahan ajar teks LHO bermuatan kearifan lokal Situbondo dalam meningkatkan kemampuan menulis teks LHO. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define design develop dan disseminate. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase 76 8% berkategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran menunjukkan persentase 67 5% dikategorikan layak. Hasil validasi oleh praktisi menunjukkan persentase 85% dikategorikan sangat layak. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut kurang efektif atau efektivitasnya rendah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks LHO peserta didik. Hasil rerata nilai kelompok eksperimen ialah 50 4867 masuk kategori kurang efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran teks LHO layak digunakan dengan hasil uji validasi ahli materi sebesar 76 8% validasi ahli desain pembelajaran sebesar 67 5% dan praktisi sebesar 85%. Pada uji efektifitas menjunjukan tingkat efektifitasnya rendah dengan skor 50 4867. Akan tetapi respon siswa terhadap pengintegrasian kearifan lokal Situbondo menunjukkan respon positif. Penulis menyarankan pada pengembang selanjutnya dan pengguna untuk memperhatikan cakupan materi materi terutama perbedaan materi teks deskripsi dan teks LHO. Saran selanjutnya pengembangan modul pembelajaran yang mengintegrasikan kerarifan lokal ataupun budaya lokal disarankan memperjelas ciri kearifan lokal ataupun budaya lokal daerah yang dituju sehingga peserta didik dapat dengan mudah mengklasifikasikan kearifan lokal daerahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271755

Actions (login required)

View Item View Item