Wardhana, Wisnu Surya (2022) Pengembangan bahan ajar menulis teks narasi pengalaman inspiratif dengan pendekatan kontekstual bagi pelajar BIPA tingkat madya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar adalah salah satu sumber belajar yang berisi pesan pembelajaran. Pesan pembelajaran tersebut dapat bersifat umum atau khusus dan dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa guru membutuhkan materi yang relevan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran serta sesuai proses komunikasi dalam kehidupan yang nyata. Bahan ajar meliputi teori contoh latihan tugas dan refleksi. Sementara itu bahan ajar untuk orang asing adalah bahan ajar yang disusun untuk pembelajaran bahasa asing harus memperhatikan unsur kemampuan dan dapat menstimulasi pelajar didik dalam berkomunikasi dan meningkatkan interaksi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pelajar. Pengembangan bahan ajar menulis untuk pelajar BIPA tingkat madya sangat diperlukan bahan ajar tersebut dapat digunakan pelajar untuk memahami contoh teks berserta kaitannya memberi kesempatan berlatih menulis melakukan penyuntingan hasil tulisan dan menghasilkan tulisan yang komunikatif dengan pesan yang jelas. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar menulis yakni dengan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan dengan konsep belajar dengan mengaitkan antara materi yang diajarkan oleh tutor dengan situasi nyata yang dipelajari siswa. Pendekatan konstekstual mendorong pelajar untuk membuat hubungan antara pengetahuan bahasa dan keterampilan kontekstual yang dipelajari dengan praktik berbahasa yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang baru melalui proses pengembangan. Untuk menghasilkan sebuah proses produk digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk supaya dapat berfungsi di masyarakat luas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang dikemukakan Thiagaran (1974) mencakup empat tahapan yaitu (1) define (penetapan) (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebarluasan). Setiap tahapan memiliki capaian dan keluaran yang berbeda- beda berdasarkan proses yang ada. Validasi pada ahli dan praktisi dilakukan dengan memberikan instrumen validasi serta menunjukkan produk yang telah dibuat. Setelah ketiga tahap dilalui produk direvisi dan disempurnakan sesuai dengan masukan yang telah disampaikan oleh validator. Adapun tahap penyebaran berguna untuk mempromosikan bahan ajar untuk bisa diterima pelajar BIPA maupun pengajar BIPA. Penyebaran produk bahan ajar yang dihasilkan disebarkan dengan cara memberikan produk bahan ajar kepada pengajar BIPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bahan ajar ini dibuat dengan mengacu kurikulum standar kompetensi lulusan (SKL). Bahan ajar ini memiliki empat tema yaitu (1) berkuliner (2) tokoh hebat (3) kisah perjalanan (4) berwisata. Pemilihan tema dalam bahan ajar ini dibentuk menyesuaikan dengan pelajar BIPA tingkat madya. Pada bahan aja ini juga menyesuaikan kosakata penyuntingan dan fungsi bahasa pada setiap tema yang diajarkan. Khususnya dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi diintegrasikan dengan kosakata serta penyuntingan bahasa agar tujuan pelajar BIPA tingkat madya dapat menggunakan bahasa Indonesia melalui tulisan. Berikut ini dipaparkan dua aspek dalam mengembangkan bahan ajar ini yaitu (1) aspek isi bahan ajar (2) aspek tampilan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 08:49 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271751 |
Actions (login required)
View Item |