Nabilah, Septa Widya Etika Nur Imaya Nabilah (2022) Sikap budaya pelajar asing dalam komunikasi antarbudaya / Septa Widya Etika Nur Imaya Nabilah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi antarbudaya merupakan inetraksi yang ditunjukkan oleh masyarakat yang memiliki perbedaan dalam menginterpretasi budaya dan sistem simbol dalam interaksi yang berlangsung. Dalam pembelajaran BIPA komunikasi antarbudaya pasti ditemukan. Diperlukan sikap yang tepat khususnya oleh pelajar asing dalam memahami pesan menyampaikan pesan maupun mengatasi kendala dalam memahami dan menyampaikan pesan dalam komunikasi antarbudaya. Penelitian ini penting karena setiap negara memiliki perbedaan budaya dan interpretasi pesan yang terkandung dalam budaya teresebut jugag berbeda. Perbedaan tersebut seringkali menimbulkan kendala dan gegar budaya. Selain itu perlu adanya kemampuan berkomunikasi antarbudaya yang berfungsi untuk membangun kemampuan personal dan sosial pelajar asing. Dari berbagai alasan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (a) sikap pelajar asing dalam memahami pesan dalam komunikasi antarbudaya (b) sikap pelajar asing dalam menyampaikan pesan dalam komunikasi antarbudaya dan (c) sikap pelajar asing dalam mengatasi kendala dalam komunikasi antarbudaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif yang berjenis penelitian fenomenologi karena berdasarkan fenomena yang ada dalam ranah pembelajaran BIPA yang berkaitan dengan sikap budaya pelajar asing dalam berinteraksi dengan pengajar BIPA mitra bahasa dan warga lokal. Data dalam penelitian ini berupa respons terkait sikap dalam (a) memahami pesan (b) menyampaikan pesan dan (c) mengatasi kendala komunikasi antarbudaya yang didapatkan melalui penyebaran angket dan kegiatan wawancara mendalam dengan pelajar asing. Selain dengan pelajar asing wawancara mendalam juga dilakukan dengan pengajar BIPA untuk mendapatkan data penguat. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terbagi menjadi tiga. Pertama terdapat dua sikap pelajar asing dalam memahami pesan yaitu sikap negatif (menyangkal merasa terancam serta mencari kesamaan) dan sikap positif (menerima dan menghargai beradaptasi serta berintegrasi). Kedua terdapat lima sikap pelajar asing dalam menyampaikan pesan yang ditunjukkan melalui tindak tutur ilokusi asertif direktif komisif ekspresif dan deklaratif. Ketiga terdapat empat sikap yang ditunjukkan pelajar asing dalam mengatasi kendala dalam memahami dan menyampaikan pesan yaitu sikap keterbukaan santai dalam menjalani hidup (easy going) mau berusahan dan mampu mengendalikan diri yang ditunjukkan melalui berbagai cara seperti melalui humor banyak berdiskusi dengan warga lokal menulis jurnal harian hidup mandiri berdaptasi dengan budaya baru banyak belajar praktik dan berlatih melalukan penelitian mini dengan cari mencari informasi di internet bertanya kepada teman dan menongkrong. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini dikaitkan tiga hal yakni sikap dalam (a) memahami pesan (b) menyampaikan pesan dan (c) mengatasi kendala dalam komunikasi antarbudaya. Pertama dari keseluruhan sikap dalam memahami pesan yang ditunjukkan pelajar asing sikap berintegrasi tidak banyak ditemukan. Hal ini mengindikasikan bahwa pelajar asing belum begitu mampu menjadi berintegrasi atau mediator budaya untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Kedua saat menyampaikan pesan pelajar asing lebih banyak menunjukkan sikap ekspresif melalui tuturan ilokusi-ekspresif. Ketiga pelajar asing menunjukkan berbagai sikap dalam mengatasi kendala dalam memahami maupun menyampaikan pesan dalam komunikasi antarbudaya antara lain sikap keterbukaan santai dalam menjalani hidup (easy going) mau berusahan dan mampu mengendalikan diri yang ditunjukkan melalui berbagai cara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271750 |
Actions (login required)
View Item |