Sona, Aliyya Elrahma Sona (2022) Pengembangan bahan ajar menulis korespondensi bahasa indonesia bagi pelajar bipa tingkat madya / Aliyya Elrahma Sona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelajar asing tingkat madya masih sering mengalami kendala saat menghadapi situasi dalam hal tentang korespondensi bahasa Indonesia. Masalah ini tidak terlepas dari semua cara dan tata aturan birokrasi yang telah berjalan di Indonesia dan kurangnya buku ajar yang berfokus pada materi yang membahas tentang korespondensi bahasa Indonesia. Pengembangan bahan ajar ini penting untuk dilakukan untuk mengisi kekosongan materi tentang korespondensi bahasa Indonesia yang memiliki manfaat serta memiliki tujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang kreatif inovatif dan dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari pelajar asing BIPA. Tujuan penelitian dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan adalah menghasilkan bahan ajar menulis korespondensi bahasa Indonesia bagi pelajar BIPA tingkat madya yang diperkaya dengan topik dan materi menulis korespondensi bahasa Indonesia untuk pelajar asing BIPA. Bahan ajar adalah sebuah sarana atau alat yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar berisikan metode pembelajaran materi-materi yang ingin dipelajari tujuan pembelajaran dan bagaimana cara mengevaluasi pembelajaran. Bahan ajar perlu dirancang secara sistemati efisien dan menarik. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan dari proses pembelajaran yang telah dirancang. Tujuan pembelajaran tersebut yaitu dapat mencapai kompetensi atau subkompetensi dari bahan ajar yang memiliki keunikan inovati dan spesifik. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan Four-D. Adapun tahapan dalam model pengembangan ini adalah (1) define (penetapan) (2) design (perancangan) (3) develop (pengembangan) dan terakhir (4) disseminate (penyebaran). Uji produk terbatas ini dilakukan kepada dosen ahli materi bahan ajar BIPA ahli praktisi atau guru BIPA dan ahli desain. Berdasarkan hasil penilaian validator penelitian ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan pada materi menulis korespondensi bahasa Indonesia bagi pelajar BIPA tingkat madya. Tema-tema pada penelitian ini terdiri dari lima unit tema utama yaitu (1) menulis data diri atau identitas (2) menulis surat pribadi/non-formal (3) menulis surat resmi (4) menulis surat lamaran kerja (5) menulis surat niaga. Kelima tema tersebut disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kesulitan serta kebutuhan belajar pelajar BIPA tingkat madya. Produk bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar menulis korespondensi bahasa Indonesia bagi pelajar BIPA tingkat madya. Produk bahan ajar telah melewati proses uji validasi ahli materi bahan ajar BIPA ahli praktisi BIPA dan ahli desain kegrafikan. Dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar dalam penelitian dan pengembangan ini tergolong pada kualifikasi layak untuk diimplementasikan dan disesuaikan pada kelas pelajar BIPA tingkat madya dengan catatan setelah proses revisi dari catatan ahli pada proses validasi. Pengajar BIPA dapat memanfaatkan produk bahan ajar ini sebagai supplement bahan ajar lain yang terintegrasi dengan materi pembelajaran menulis korespondensi bahasa Indonesia untuk pelajar BIPA di tingkat madya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271749 |
Actions (login required)
View Item |