Panjang ujaran guru dan pemahaman siswa: kajian psikolinguistik di smp negeri 1 gandusari blitar / Dwiki Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Panjang ujaran guru dan pemahaman siswa: kajian psikolinguistik di smp negeri 1 gandusari blitar / Dwiki Wijaya

Wijaya, Dwiki Wijaya (2022) Panjang ujaran guru dan pemahaman siswa: kajian psikolinguistik di smp negeri 1 gandusari blitar / Dwiki Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panjang ujaran guru merupakan faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa tehadap hal-hal yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan menjelaskan panjang ujaran guru dan dampaknya terhadap pemahaman siswa. Secara khusus penelitian ini menjelaskan tiga hal. Pertama mendeskripsikan bentuk panjang ujaran guru di SMP Negeri 1 Gandusari Blitar kedua mendeskripsikan pemahaman siswa di SMP Negeri 1 Gandusari Blitar dan ketiga mendeskripsikan dampak panjang ujaran guru terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 1 Gandusari Blitar. Posisi penelitian ini menitikberatkan pada pengungkapan pemahaman siswa berdasarkan aspek ujaran guru pada proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif. Data penelitian ini adalah kata frasa klausa kalimat dan paragraf yang diperoleh dari ujaran guru dan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi berupa perekaman dan pengamatan. Analisis data penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu (a) reduksi data (b) penyajian data dan (c) penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data menunjukkan pertama bentuk ujaran guru yang mempengaruhi panjang ujaran dapat digolongkan menjadi empat yaitu (a) penggunaan kalimat berdasarkan kategori frasa (b) penggunaan kalimat berdasarkan jumlah klausa (c) penggunaan kalimat berdasarkan intonasi sintaksis dan (d) penggunaan kalimat berdasarkan makna semantisnya. Kedua pemahaman siswa terhadap ujaran guru terbentuk karena dua hal yaitu (a) pemahaman siswa terhadap ujaran guru berdasarkan struktur sintaksis dan (b) pemahaman siswa terhadap ujaran guru berdasarkan makna semantis. Ketiga dampak ujaran guru terhadap pemahaman siswa ditemukan dua bentuk yaitu (a) dampak ujaran guru terhadap pemahaman berupa masukan dan (b) dampak ujaran guru terhadap pemahaman siswa berupa saringan afektif. Berdasarkan paparan data dan pemahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama bentukan kata frasa klausa kalimat dan paragraf berserta maknanya dipengaruhi oleh empat hal. Kedua secara sintaksis apabila kalimat yang diproduksi guru memiliki struktur sintaksis yang kompleks luas atau jumlah klausanya banyak memiliki kecenderungan yang mudah dipahami siswa dan secara makna semantis bahwa kalimat kalusa frasa atau kata yang memiliki kecenderungan baru dan tersusun secara morfologis asing tidak mudah dipahami oleh siswa. Ketiga dampak panjang ujaran guru terhadap masukan atau input yang meliputi masukan konsep atau teori masukan praktik dan masukan ilustrasi atau contoh dan berupa saringan afektif ditemukan sebab karena penyajian ilustrasi atau contoh media menarik dan perintah ringan. Kedua bentuk tersebut memiliki peran penting bagi siswa untuk memahami dan menggugah aspek afektif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil paparan data dan pembahasan penelitian ini maka saran yang dapat direkomendasikan ialah sebagai berikut. Pertama bagi guru dan calon guru secara umum dalam proses belajar mengajar hendaknya memperhatikan bagaimana ujaran yang harus diproduksi dengan mengacu kepada keterpahaman siswa terhadap ujaran guru baik secara bentuk panjang ujaran maupun makna dari ujaran. Kedua bagi siswa lebih giat lagi untuk belajar artinya ketika siswa sudah memiliki pemahaman awal yang relevan dengan materi yang akan diajarkan guru akan mempermudah pencapaian pemahamannya ketika proses pembalajaran. Ketiga bagi peneliti selanjutnya topik yang sama dapat memperdalam penelitian dengan metode peneitian lainnya untuk menghindari bias.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271748

Actions (login required)

View Item View Item