Pengembangan bahan ajar bipa untuk komunikasi keseharian / Nonny Rulisty Putri Sutikno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bipa untuk komunikasi keseharian / Nonny Rulisty Putri Sutikno

Sutikno, Nonny Rulisty Putri Sutikno (2022) Pengembangan bahan ajar bipa untuk komunikasi keseharian / Nonny Rulisty Putri Sutikno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran khususnya dalam kelas BIPA dibutuhkan sebagai penunjang pembelajaran. Pelajar BIPA datang dari berbagai negara dengan tujuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dibuat berdasarkan analisis kebutuhan. Hal utama yang ingin dilakukan pelajar BIPA adalah dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan ajar komunikasi keseharian yang dapat digunakan oleh pelajar BIPA pada tingkat pemula. Pelajar BIPA yang baru mempelajari bahasa kedua perlu memahami dan mengetahui bahasa yang akan digunakan untuk tujuan komunikasi dan berinteraksi dengan pemutur asli. Komunikasi untuk pelajar bahasa kedua merupakan aspek penting dalam melakukan kegiatan keseharian. Hal ini mencakup komunikasi yang terjadi baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti di lingkungan tempat tinggal pelajar. Bentuk latihan komunikasi keseharian dalam bahan ajar dapat berupa percakapa dan penggunaan kalimat-kalimat sederhana. Selain itu tugas-tugas pada berbicara ditekankan pada pemahaman pelajar dalam berinterkasi dengan orang lain untuk memecahkan masalah saat berkomunikasi. Aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran lebih menekankan berkelompok agar pelajar dapat belajar berinteraksi dan berkomunikasi bersama teman di kelas. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil uji validasi yang telah dilakukan bahwa bahan ajar ini cukup layak dan perlu revisi. Hasil total validasi ahli materi BIPA 66 2%. Praktisi 67 1% dan ahli kegrafikan 75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271747

Actions (login required)

View Item View Item