Pengembangan braille rubic cube dalam melatih kemampuan daya ingat anak dengan hambatan penglihatan / I GST. Ngurah Putu Harisandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan braille rubic cube dalam melatih kemampuan daya ingat anak dengan hambatan penglihatan / I GST. Ngurah Putu Harisandi

Harisandi, I Gst. Ngurah Putu (2020) Pengembangan braille rubic cube dalam melatih kemampuan daya ingat anak dengan hambatan penglihatan / I GST. Ngurah Putu Harisandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan Daya Ingat Alat Permainan Edukatif. Salah satu aspek penting yang perlu dilatih pada proses kognitif ialah daya ingat karena melalui daya ingat seseorang mampu menyimpan dan menginterprestasikan kembali semua informasi yang diterimanya terlebih pada anak dengan hambatan penglihatan yang pada kesehariannya lebih mengandalkan daya ingat dalam bermobilitas dan mengenali sekitarnya. Sebuah permainan rubik adalah salah satu jenis permainan yang paling banyak di digunakan di dunia sebagai sarana mengasah daya ingat namun pada anak dengan hambatan penglihatan permainan rubik masih sangat asing karena untuk memainkannya seseorang harus bisa membedakan warna yang ada pada rubik. Maka peneliti memodifikasi rubik kedalam bentuk timbul agar dapat digunakan oleh anak dengan hambatan penglihatan dalam melatih daya ingat. Tujuan penelitian ialah menembangkan alat permainan edukatif berupa kubus rubik yang dimidifikasi dengan menambahkan tanda timbul sebagai tanda pengenal warna disetiap rubik yang diberi nama braille rubic cube. Pengembangan alat permainan braille rubic cube dalam melatih kemampuan daya ingat anak dengan hambatan penglihatan ini mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 9 langkah meliputi perencanaan pengumpulan data desain produk validasi produk refisi produk awal uji coba kelompok kecil revisi setelah uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar dan refisi produk akhir. Subjek validasi produk terdiri dari ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Sedangkan subjek uji coba produk ialah anak dengan hambatan penglihatan yang berjumlah 4 orang siswa jenjang SMP SLBN1 Denpasar. Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut (1) Validasi ahli media 92 5% (sangat layak) (2) Validasi ahli materi 97 9% (sangat layak) (3) Validasi ahli praktisi 96 6% (sangat layak) (4) Hasil uji coba pertama dengan responden 4 anak menunjukan waktu 98 menit dan uji coba kedua menunjukan waktu 55 menit atau lebih cepat dari sebelumnya untuk menyelesaikan permainan rubik. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa braille rubic cube telah layak menjadi alat permainan edukatif dalam melatih kemampuan daya ingat. Kelebihan dari media ini ialah mudah dioperasikan tidak mmebutuhkan banyak tempat dan bisa dimainkan kapan saja . Kekurangannya adalah rubik yang dimodifikasi terbatas hanya pada jenis 3x3x3.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271743

Actions (login required)

View Item View Item