Putri, Reza Sutarna (2020) Pengembangan media finger coloring untuk anak down syndrome dalam melatih keterampilan mewarnai / Reza Sutarna Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Reza Sutarna. 2020. Pengembangan Media Finger Coloring untuk Anak Down Syndrome dalam Meningkatkan Keterampilan Mewarnai Jurusan Pendidikan Khusus Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. Kata kunci Finger coloring keterampilan mewarnai down syndrome. Media finger coloring adalah media untuk mewarnai yang dilakukan dengan menggunakan jari. Pada penelitian ini media hanya digunakan untuk anak down syndrome usia 5 ndash 10 tahun. Anak akan mewarnai gambar-gambar sederhana dengan mencelupkan jarinya ke dalam wadah khusus yang dilapisi spons dan telah dituangkan cat oleh pendamping anak. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan media finger painting menjadi media finger coloring menguji kelayakan pengembangan media berdasarkan uji ahli media dan uji ahli pendidikan seni sebelum media digunakan pada uji coba lapangan serta menguji efektifitas dan kepraktisan pengembangan media finger coloring melalui angket uji coba lapangan selama 10 hari untuk menguji keterampilan mewarnai anak down syndrome. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode need to do. Model penelitian dan pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Analisis dilakukan pada anak down syndrome untuk mengetahui kemampuan mewarnai materi yang diajarkan dan media yang dipakai dalam kegiatan mewarnai. Desain pada media ini berupa buku gambar berukuran A5 dengan gambar-gambar sederhana dan tingkat kesulitan yang berbeda cat dalam botol tetes serta wadah khusus untuk menuangkan cat. Semua dikemas dalam satu box berkuran 15x30x10 cm. Penelitian dan implementasi dilakukan ditingkat Sekolah Dasar kelas rendah dengan 2 subjek. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi wawancara studi dokumentasi angket dan lembar validasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan media finger coloring yang telah dilakukan mendapatkan hasil kevalidan 97 50% dari Ahli Media dan 68% dari Ahli Pendidikan Seni dengan rata-rata kevalidan 82%. Pada kepraktisan dan kefektifan uji coba siswa kelas 1 mendapatkan hasil 82% dan kelas 3 mendapatkan 90% dengan rata-rata 86%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa media finger coloring valid dan boleh digunakan untuk melatih kemampuan mewarnai anak down syndrome dengan revisi produk yang telah diberikan oleh para ahli. Pada kepraktisan media finger coloring yang dinilai oleh guru kelas mendapatkan kesimpulan bahwa media sangat praktis sangat baik untuk digunakan dan mencapai tingkat kefektifan berkembang sesuai harapan. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah penambahan gambar pada buku mewarnai mengembangkan media untuk usia 11 ndash 17 tahun mengalokasikan waktu agar kualitas kuantitas dan waktu belajar dapat seimbang dan selaras serta perbaikan luas dan ketebalan kertas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271742 |
Actions (login required)
View Item |