Spell it out! pengembangan media pengejaan bahasa inggris untuk mahasiswa tunanetra Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang / Ni'matul Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Spell it out! pengembangan media pengejaan bahasa inggris untuk mahasiswa tunanetra Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang / Ni'matul Lailiyah

Lailiyah, Ni'matul (2020) Spell it out! pengembangan media pengejaan bahasa inggris untuk mahasiswa tunanetra Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang / Ni'matul Lailiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain software pengejaan kosakata Bahasa Inggris bagi mahasiswa tunanetra. Mahasiswa dengan hambatan penglihatan seringkali mengalami kesulitan menulis dalam Bahasa Inggris. Pengejaan pada tulisan yang dihasilkan cenderung menambahkan menghilangkan mengganti bahkan merubah susunan huruf yang ada pada target kata misalnya ldquo autisem rdquo dari kata ldquo autism rdquo ldquo ficual rdquo dari kata ldquo visual rdquo ldquo Edukation rdquo dari kata ldquo Education rdquo dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh preferensi membaca mahasiswa tunanetra menggunakan teknologi asistif dalam mengaksesnya. Teknologi asistif yang digunakan untuk mengakses sumber bacaan mengubah teks menjadi suara sehingga seringkali kegiatan membaca menjadi kegiatan mendengar. Pada dasarnya membaca tidak sama halnya dengan mendengar. Jika seseorang membaca secara visual maupun taktil (braille) secara otomatis otak akan merekam susunan huruf yang terdapat pada setiap kata yang ada pada teks merepresentasi ortografi dari sebuah kata sehingga ketika menuliskannya kembali akan lebih mudah karena telah terekam pada pengalamannya. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh McCall (1999) bahwa seseorang dengan hambatan penglihatan lebih sulit mencapai tingkat keakuratan dalam merangkai huruf daripada temannya yang melihat. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa software serta menguji keevalidan dan keefektifan produk tersebut. Model pengembangan ADDIE diadaptasi pada proses tahapan penelitian ini yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Software dirancang sesuai kebutuhan subjek yang didasarkan melalui observasi tes mengeja dan wawancara. Hasil menunjukkakan bahwa media Spell It Out dinyatakan valid untuk digunakan. Media tersebut dirancang khusus untuk pengguna tunanetra dengan materi yang disesuaikan dengan fokus pengguna sebagai mahasiswa luar biasa. Media dapat diakses oleh mahasiswa hambatan penglihatan dengan system android. Setiap tombol yang tersedia pada media tersebut mengeluarkan bunyi sehingga pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya layaknya menggunakan screen reader. Selain tombol huruf-huruf yang disediakan untuk latihan mengeja juga dapat berbunyi ketika disentuh. Setelah media diujicobakan pada lima mahasiswa dengan hambatan penglihatan kemampuan menulis subjek cenderung mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271741

Actions (login required)

View Item View Item