Structured learning approach dengan media audio visual untuk meningkatkan ketrampilan bina diri anak disabilitas intelektual ringan / Gardiana Karya - Repositori Universitas Negeri Malang

Structured learning approach dengan media audio visual untuk meningkatkan ketrampilan bina diri anak disabilitas intelektual ringan / Gardiana Karya

Karya, Gardiana Karya (2022) Structured learning approach dengan media audio visual untuk meningkatkan ketrampilan bina diri anak disabilitas intelektual ringan / Gardiana Karya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gardiana Karyaa Wahyudi Siswantob Diniy Hidayatur Rahmanc Universitas Negeri Malanga Universitas Negeri Malangb Universitas Negeri Malangc E-mail corriemarut gmail.com. HP 081252428079 Abstrak Ketrampilan bina diri merupakan kebutuhan dasar bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak dengan disabilitas intelektual dalam kemandirian. Pelatihan ketrampilan merawat diri diarahkan untuk mengaktualisasi dan meningkatkan kemampuan anak disabilitas intelektual dalam prilaku adaptif melakukan ketrampilan bina diri untuk kemandiriannya agar tidak bergantung pada orang lain Tujuan penelitian yang dilakukan mengetahui keefektifan structured learning approach dengan media audio visual terhadap peningkatan keterampilan bina diri makan anak tunagrahita ringan di wisma-wisma Yayasan Bhakti Luhur kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eskperimen dengan jenis penelitian kuasi experiment bentuk pretest posttes control grup design.Subyek dalam penelitian ini adalah 8 anak disabilitas intelektual kelompok eksperimen 4 anak dan kelompok kontrol 4 anak. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Uji Mann Whiteney dan uji Wilcoxon hasil pretest dan postest bina diri makan dapat disimpulkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah pemberian intervensi ketrampilan bina diri makan dengan structured learning approach dengan media audio visual pada kelompok eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa Structured Learning Approach dengan media audio visual efektif untuk meningkatkan keterampilan bina diri anak disabilitas intelektual ringan di wisma-wisma Yayasan Bhakti Luhur kota Malang. Selain itu hasil observasi pada kelompok eksperimen dalam proses pembelajaran dan berlatih keaktifan anak secara bertahap adanya peningkatan baik dalam kemampuan maupun prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci Structured Learning Approach Media audio visual Ketrampilan bina diri disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271738

Actions (login required)

View Item View Item