Harir, Riza Ilmana (2022) Pengembangan buku panduan pelaksanaan pendidikan khusus untuk Sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Batu / Riza Ilmana Harir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Harir R. Ilmana. 2021. Pengembangan Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Khusus untuk Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif d Kota Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Khusus Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Raden Bambang Sumarsono S.Pd M.Pd (II) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd. M.Pd Kata Kunci Buku Panduan Pendidikan Khusus Pendidikan Inklusif Pelaksanaan pendidikan khusus menjadi tanggung jawab setiap warga sekolah. Perlu adanya pemahaman terhadap semua peraturan yang berlaku untuk mengetahui pola pelaksanaan pendidikan khusus yang tepat. Hambatannya adalah ketika sulitnya menemukan sumber bacaan yang lengkap dan terstruktur dalam satu kesatuan. Sehingga pengembang mempunyai ide untuk mengembangkan sumber tersebut melalui produk berupa buku panduan pelaksanaan pendidikan khusus untuk sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat produk berupa buku panduan pelaksanaan pendidikan khusus untuk sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Batu hingga layak digunakan. Pengembangan produk dilaksanakan berdasarkan desain pengembangan dari Ritchey amp Klein yang mempunyai 3 tahap pengembangan yaitu (1) Design (2) Development dan (3) Evaluation. Produk divalidasi oleh 2 Ahli Produk dan 4 Praktisi. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui angket kelayakan produk yang diisi oleh 2 Ahli Produk dan 4 Praktisi. Data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis merupakan hasil dari pengolahan data pungujian. Hasil data yang diperoleh dari validasi yakni (1) Validator 1 adalah 3.87 (Cukup layak digunakan) (2) Validator 2 adalah 3.70 (Layak digunakan) (3) Praktisi 1 Skor adalah 3.78 (Layak digunakan) (4) Praktisi 2 adalah 3.84 (Layak digunakan) (5) Praktisi 3 adalah 3.60 (Layak digunakan) dan (6) Praktisi 4 adalah 3.60 (Layak digunakan). Hasil pengembangan tersebut menunjukkan bahwa produk berupa buku panduan pelaksanaan pendidikan khusus untuk sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Batu layak digunakan dengan syarat revisi pada beberapa bagian. Diharapkan produk bisa digunakan sebagai acuan maupun referensi pengetahuan tentang pelaksanaan pendidikan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Produk diharapkan dapat diujikan lebih lanjut pada jalur yang lebih luas dan diperbaharui apabila ada perubahan peraturan berkaitan dengan pelaksanaan layanan pendidikan khusus di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271737 |
Actions (login required)
View Item |