Yuniarti, Neny (2022) Pengembangan buku digital asesmen interaktif persepsi visual bagi tunagrahita / Neny Yuniarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Yuniarti Neny. 2022. Pengembangan Buku Digital Asesmen Interaktif Persepsi Visual bagi Tunagrahita. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Khusus Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd. (II). Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. Anak berkebutuhan khusus akan mencapai hasil belajar yang optimal apabila pendidik melakukan asesmen. Asesmen persepsi visual adalah suatu proses untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan kelebihan dan kebutuhan yang akan digunakan sebagai pertimbangan untuk memutuskan hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan program akademik khususnya membaca. Namun kegiatan ini seringkali tidak dilakukan karena keterbatasan pengetahuan guru dan tidak tersedianya asesmen persepsi visual yang mudah diakses. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan buku digital asesmen interaktif bagi tunagrahita yang berisi asesmen persepsi visual mencakup 5 bidang hubungan keruangan (spasial relation) diskriminasi visual (visual discrimination) diskriminasi bentuk dan latar (figure and ground discrimination) penutupan visual (visual closure) dan memori visual (visual memory). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pengembangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur pengembangan yang diterapkan adalah prosedur yang disarankan oleh Borg amp Gall dengan 10 tahapan yang terdiri potensi dan masalah pengumpulan data/informasi desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produk masal. Fokus tahapan pengembangan pada penelitian ini adalah potensi dan masalah pengumpulan data/informasi desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk dan revisi produk. Validitas desain produk dilakukan dengan cara meminta penilaian dari para ahli media ahli sistem dan ahli materi masing-masing berjumlah enam orang. Penilaian oleh para ahli menggunakan instrumen berupa format penilaian berdasarkan skala Likert yang selanjutnya dianalisis menggunakan formula Aikens rsquo V. Validitas desain produk menghasilkan rerata nilai sebesar 0 92 yang lebih besar dari nilai r-tabel Aikens rsquo V sebesar 0 78. Dengan demikian desain produk dinyatakan sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Ujicoba dilakukan kepada delapan guru SLB untuk menilai kehandalan produk. Instrumen pengumpulan data dalam ujicoba produk adalah format penilaian berdasarkan skala Likert yang selanjutnya diuji menggunakan formula Alpha Cronbach yang menghasilkan nilai koefisien sebesar 0 744 yang lebih besar dari 0 60 yang merupakan batas minimum untuk menyatakan kehandalan produk. Ujicoba selanjutnya dilakukan kepada delapan siswa tunagrahita guna memperoleh gambaran mengenai konsistensi produk. Data ujicoba kepada siswa dikumpulkan menggunakan pedoman observasi berdasarkan skala Guttman dan dianalisis menggunakan persentase dan diperoleh nilai 96 9%. Dengan demikian produk dinyatakan sangat konsisten untuk diterapkan. Berdasarkan prosedur validitas dan ujicoba produk dalam penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271736 |
Actions (login required)
View Item |