Pengaruh metode maternal reflektif global terhadap keterampilan membaca permulaan dikontrol motivasi belajar siswa tunarungu tingkat dasar di slb kabupaten madiun / Putri Kartika Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode maternal reflektif global terhadap keterampilan membaca permulaan dikontrol motivasi belajar siswa tunarungu tingkat dasar di slb kabupaten madiun / Putri Kartika Ningsih

Ningsih, Putri Kartika (2022) Pengaruh metode maternal reflektif global terhadap keterampilan membaca permulaan dikontrol motivasi belajar siswa tunarungu tingkat dasar di slb kabupaten madiun / Putri Kartika Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tunarungu memiliki hambatan pada kemampuan mendengar sehingga mengalami kendala untuk belajar membaca permulaan maka memerlukan instruksi pengajaran yang tepat. Peneliti mengkombinasikan Metode maternal reflektif dan metode global menjadi Metode Maternal Reflektif Global (MMRG) sebagai metode belajar membaca permulaan bagi anak tunarungu yang diorientasikan pada kemampuan mengenal dan melafalkan lambang-lambang huruf dalam kalimat sederhana kata dan suku kata. Dorongan motivasi belajar perlu dimiliki oleh siswa baik intrinsik maupun ekstrinsik. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh penerapan MMRG terhadap keterampilan membaca permulaan dikontrol motivasi belajar. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah randomized group prerest-posttest design Variabel bebas bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode maternal reflektif global (MMRG) keterampilan membaca permulaan merupakan variabel terikat dan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Penelitian akan dilaksanakan di SLB Kabupaten Madiun. Dengan 12 subjek pada kelompok kontrol yang akan mendapatkan pembelajaran konvensional dan 12 subjek kelompok eksperimen yang akan mendapatkan treatment penerapan MMRG. Hasil pre test keterampilan membaca permulaan kelompok kontrol memiliki rata-rata 33 5% dengan kriteria kurang kelompok eksperimen memiliki rata-rata 28 6% dengan kriteria kurang. Hasil post test kelompok kontrol memiliki rata-rata 32 8% dengan kriteria kurang. Dan kelompok eksperimen memiliki rata-rata 62 1% dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil uji signifikansi menunjukkan t 3 42 lt t tabel 5% 1 79 maka hasil signifikan. Diperkuat hasil uji hipotesis dengan hasil 3 42 lt 1 79 yang berarti Metode Maternal Reflektif Global (MMRG) memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu tingkat dasar di SLB Kabupaten Madiun. Hasil pengamatan motivasi belajar pada kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar anak. Dan jika dibandingkan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Secara signifikan metode maternal reflektif global (MMRG) memberikan pengaruh pada keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu tingkat dasar di SLB Kabupaten Madiun. Motivasi yang diberikan guru kepada siswa selama pembelajaran mampu memberikan dorongan kepada siswa untuk semangat belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. MMRG diharapkan mampu menjadi pilihan metode pengajaran membaca permulaan bagi siswa tunarungu tingkat dasar siswa mudah belajar membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271735

Actions (login required)

View Item View Item