Implementasi metode wafa dalam belajar membaca permulaan di TK Negeri Kencana Mimika / Uswatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode wafa dalam belajar membaca permulaan di TK Negeri Kencana Mimika / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2021) Implementasi metode wafa dalam belajar membaca permulaan di TK Negeri Kencana Mimika / Uswatun Khasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Uswatun Khasanah. 2021. Implementasi Metode Wafa Dalam Membaca Permulaan Di TK Negeri Kencana Mimika Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Alif Mudiono M.Pd (II) Dr.Sutarno M.Pd Kata Kunci Membaca Permulaan Metode wafa Taman Kanak-kanak Berdasarkan observasi pada awal tahun pembelajaran orang tua sangat mengharapkan anaknya bisa membaca dan siap melanjutkan ke SD. Bagi orang tua anak yang pintar adalah anak yang bisa membaca. Mulai tahun 2019 TK Negeri Mitra Kencana mengembangkan strategi belajar membaca permulaan dengan menggunakan metode Wafa. Metode Wafa adalah metode belajar membaca Alquran berbasis pada pola pikir otak kanan. Metode Wafa dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran multisensori yang melibatkan beberapa indra dalam proses melihat (visual ). mendengarkan (auditori dan menggerakkan (kinestetik). Pembelajaran disajikan dalam gerakan yang kreatif untuk menyimbolkan suku kata yang mudah diingat oleh anak Penelitian ini difokuskan pada penggunaan metode Wafa dalam belajar membaca permulaan di TK Negeri Mitra Kencana kabupaten Mimika. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan penggunaan metode Wafa untuk belajar membaca permulaan dan menganalisis proses dan hasil belajar membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan deskriptif yang meneliti dan menjelaskan secara mendalam tentang kegiatan belajar membaca permulaan dengan penggunaan metode Wafa. Data yang diperoleh dari wawancara observasi saat kegiatan belajar membaca di analisis dan di dokumentasikan dalam bentuk catatan penting. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode Wafa dalam belajar membaca permulaan di TK Negeri Mitra Kencana anak dapat membaca kata dan suku kata yang memiliki perbedaan bunyi tanpa mengeja. Kemampuan anak membaca kata dan suku kata dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan membaca buku GTA.. Saran bagi guru dan kepala TK Negeri Mitra Kencana untuk dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan untuk menggunakan metode yang tepat dalam memberikan stimulasi membaca anak dan tetap memperhatikan prinsip belajar anak di TK . Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan metode-metode belajar membaca permulaan yang lebih inovatif belajar membaca dalam suasana yang menyenangkan dan bermakna bagi anak TK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271711

Actions (login required)

View Item View Item