Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Blitar / Siti Nuryatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Blitar / Siti Nuryatin

Nuryatin, Siti (2022) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Blitar / Siti Nuryatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuryatin Siti. 2022. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Zainuddin M.Pd. Pembimbing (2) Prof. Dr. Ach. Rasyad A.T. M.Pd. Kata kunci peran kepemimpinan kepala sekolah produktivitas guru Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga yang harus mampu membawa lembaganya mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama dan bertanggung jawab secara penuh atas kelancaran dan keberhasilan semua urusan pengaturan dan pengelolaan sekolah. Kepemimpinan juga dapat menjadi pertimbangan untuk keberhasilan suatu lembaga hal ini dikarenakan pentingnya kepemimpinan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah faktor penghambat produktivitas kerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat informan penelitian yaitu kepala sekolah dan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom. Proses analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data reduksi data display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Sumber data berasal dari kepala sekolah dan guru melalui wawancara. Hasil penelitian mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru sebagai berikut kepala sekolah telah melaksanakan peran kepemimpinannya dalam meningkatkan kinerja guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom dengan baik. Kepala Sekolah telah melaksanakan perannya sebagai pendidik (educator) sebagai manajer sebagai pengelola administrator sebagai supervisor sebagai pemimpin sebagai innovator dan sebagai pendorong. Produktivitas guru dalam mengajar dilaksanakan berdasarkan supervisi yang dilakukan kepala sekolah pada penyusunan bahan ajar dan perangkat pembelajaran pendukung. Selanjutnya faktor penghambat produktifitas kerja guru adalah pergantian kurikulum dan rendahnya minat guru. Upaya dalam menanggulangi permasalahn tersebut memberikan reward kepada guru yang kreatif memberikan arahan dan diikutsertakan dalam kegiatan BIMTEK pelatihan yang sesuai dengan tema inovasi pembelajaran untuk guru. Saran kepala sekolah memperhatikan kompetensi dalam meningkatkan kepemimpinannya agar peran-peran yang dijalani oleh seorang kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dapat berjalan secara maksimal dengan secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan yang sudah di tetapkan secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271697

Actions (login required)

View Item View Item