Manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru pada masa new normal (studi multikasus di TKIT Al-Hikmah Surabaya dan di TK Ar-Rahmah Sidoarjo) / Lia Muslika - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru pada masa new normal (studi multikasus di TKIT Al-Hikmah Surabaya dan di TK Ar-Rahmah Sidoarjo) / Lia Muslika

Muslika, Lia (2022) Manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru pada masa new normal (studi multikasus di TKIT Al-Hikmah Surabaya dan di TK Ar-Rahmah Sidoarjo) / Lia Muslika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslika Lia. 2021. Manajemen Pemasaran Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Masa New Normal (Studi Multikasus di TKIT Al-Hikmah Surabaya dan TK Ar-Rahmah Sidoarjo). Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (2) Prof. Dr. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen pemasaran penerimaan peserta didik baru new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pemasaran yang diterapkan oleh lembaga serta tingkat keberhasilannya terhadap penerimaan peserta didik baru pada masa new normal. Analisis kegiatan yang diupayakan oleh kepala sekolah beserta para guru dalam menjaring murid. Pengumpulan data secara kualitatif menggunakan wawancara observasi studi dokumentasi serta penguatannya berupa kuisinoer yang disebarkan pada wali murid melalui google form. Wawancara digunakan untuk menggali informasi lebih dalam mengenai permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam menjaring calon siswa. Dokumentasi digunakan untuk mempelajari dokumen yang berkaitan dengan manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru pada masa new normal. Kuisioner digunakan untuk memperkuat data sehingga data yang dihasilkan dapat dipercaya. Sumber data diperoleh dari observasi pada manajemen pemasaran yang dilakukan di TKIT Al-Hikmah Surabaya dan TK Ar-Rahmah Sidoarjo. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis lintas data multikasus model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada manajemen pemasaran yang diterapkan di kasus pertama yaitu di TKIT Al-Hikmah menunjukkan kurang berhasil. Hal ini disebabkan karena kegiatan pemasaran selain dari mulut ke mulut baru diterapkan pada TKIT Al-Hikmah. Sedangkan hasil penelitian pada kasus kedua yakni di TK Ar-Rahmah menunjukkan bahwa manajemen pemasaran berhasil sebab jumlah murid yang diperoleh karena manajemen pemasaran yang tepat hasilnya cenderung stabil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271694

Actions (login required)

View Item View Item