Pengembangan media video animasi berbasis literasi digital menstimulasi kemampuan berbahasa anak di TK At Taqwa Bondowoso / Kurniah Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi berbasis literasi digital menstimulasi kemampuan berbahasa anak di TK At Taqwa Bondowoso / Kurniah Astutik

Astutik, Kurniah (2021) Pengembangan media video animasi berbasis literasi digital menstimulasi kemampuan berbahasa anak di TK At Taqwa Bondowoso / Kurniah Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astutik Kurniah. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Literasi Digital Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Anak di TK At Taqwa Bondowoso. Tesis Prodi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. Pramono S.Pd M.Or. Kata kunci Video Animasi Literasi Digital Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pengembangan media video animasi berbasis literasi digital bertujuan untuk mengoptimalkan aspek perkembangan bahasa anak di TK At Taqwa Bondowoso. Video Animasi berbasis literasi digital merupakan media yang dapat digunakan pada saat new normal dengan sistem daring. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media video animasi berbasis literasi digital untuk mengoptimalkan aspek perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development. Tehnik analisis data berisi tentang analisa data validasi analisa data kepraktisan analisa data kemenarikan dan analisa data keefektifan produk video animasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak TK At Taqwa Bondowoso yang berjumlah 15 anak. Desain uji coba terdiri dari uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba adalah anak kelompok A sejumlah 15 anak di TK At Taqwa Bondowoso. Hasil persentase validitas media dari ahli materi adalah 96 87% ahli media 93 75% dan ahli bahasa 96 25%. Hasil uji coba perorangan diperoleh tingkat kepraktisan 92 50% dengan kategori sangat praktis tingkat kemenarikan 92 50% termasuk kategori sangat menarik dan tingkat keefektifan 90 00% termasuk kategori sangat efektif. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh tingkat kepraktisan 95 00% termasuk kategori sangat praktis tingkat kemenarikan 95 00% termasuk kategori sangat menarik dan tingkat keefektifan 92 50% termasuk kategori sangat efektif. Hasil uji kelompok besar diperoleh tingkat kepraktisan 95 00% termasuk kategori sangat praktis tingkat kemenarikan 97 50% termasuk kategori sangat menarik dan tingkat keefektifan 95 00% termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil validitas dari ahli materi ahli media ahli bahasa dan instrumen yang telah diisi oleh guru untuk mengetahui tingkat kepraktisan kemenarikan dan keefektifan maka media video animasi berbasis literasi digital sudah sesuai dan layak digunakan pada proses kegiatan pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271693

Actions (login required)

View Item View Item