Pengembangan buku panduan berbasis flipbook pada penggunaan media loose parts untuk Guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pulau Bawean / Nihayatul Luaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan berbasis flipbook pada penggunaan media loose parts untuk Guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pulau Bawean / Nihayatul Luaili

Luaili, Nihayatul (2022) Pengembangan buku panduan berbasis flipbook pada penggunaan media loose parts untuk Guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pulau Bawean / Nihayatul Luaili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nihayatul Luaili. 2022. Pengembangan Buku Panduan Berbasis Flipbook Penggunaan Media Loose parts Untuk Guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pulau Bawean. Tesis Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Rasyad A.T. M.Pd. (II) Dr. Sultoni M.Pd. Kata Kunci Buku Panduan Flipbook dan Loose Parts Buku panduan berbasis digital yang diharapkan bisa dapat mempermudah guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran menggunakan media loose parts di PAUD dengan menggunakan aplikasi flipbook untuk mempermudah memahami isi dari buku panduan dan akses yang lebih mudah karena dapat diakses disimpan dan dibagikan di telepon genggam maupun di laptop. Langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam pengembangan buku panduan untuk guru ini adalah menggunakan modifikasi rancangan penelitian Lee dan Owens. Langkah-langkah tersebut antara lain penilaian atau analisis yang dibagi menjadi 2 yaitu penilaian kebutuhan dan analisis awal - akhir desain pengembangan implementasi evaluasi. Teknik pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa buku panduan berbasis flipbook tentang media loose parts layak digunakan guru PAUD berdasarkan perolehan data rata-rata persentase dari ahli materi 91% kriteria sangat layak dan ahli media 92% kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru pada uji coba lapangan skala kecil 87% kriteria sangat baik dan 90% kriteria sangat baik pada uji coba lapangan skala besar. Rata-rata persentase dari kedua uji coba lapangan diperoleh 89% kriteria sangat baik. Penelitian selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan mengembangkan buku panduan tentang media loose parts lebih mendalam dari segi materi lebih menarik dari segi desain dan lebih canggih dari segi teknologi. Saran bagi sekolah disarankan untuk memberikan pelatihan kepada guru agar dapat meningkatkan skill mengajar menyusun rancangan pembelajaran dan menyusun latihan soal dengan memanfaatkan beberapa teknologi juga. Saran pemerintah juga diharapkan dapat mendukung dalam pelaksanaannya pembelajaran dengan pemanfaaatan teknologi yang memuat materi dengan mendekati kebutuhan dari dunia Pendidikan khususnya PAUD. Bagi orangtua peserta didik diharapkan memiliki kesadaran pentingnya pendidikan sejak dini kemauan untuk memahami karakteristik tumbuh kembang anak dapat mengikuti perkembangan keilmuan dan teknologi. mengembangkan penelitian ini dengan mengganti kajian tentang media pembelajaran kimia dengan inovasi media maupun alat pembelajaran lainnya buku panduan berbasis flipbook tentang media loose parts.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271692

Actions (login required)

View Item View Item