Nafi'ah, Umi (2019) Andragogi pada pelatihan hantaran pengantin di lembaga kursus dan pelatihan blue arsy / Umi Nafi'ah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nafi rsquo ah Umi. 2019. Andragogi Pada Pelatihan Hantaran pengantin di Lembaga Blue Arsy training Center. Tesis Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Zulkarnain M.si. (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Hantaran Pengantin Andragogy. Kerajinan hantaran dalam Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) termasuk dalam sektor jasa kemasyarakatan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Pelatihan membuat hantaran pengantin adalah salah satu life skill atau kecakapan hidup bekal vokasional yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. Penelitian kualitatif studi setting di Lembaga Kursus dan Pelatihan Blue Arsy Training Center. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi selanjutnya analisis data. Penelitian Andragogi Pada Pelatihan Hantaran Pengantin di Lembaga Kursus dan Pelatihan Blue Arsy Training Center mendapatkan hasil (1) Input Peserta didiknya mempunyai motivasi minat belajar yang kuat tekun dan berasal dari lulusan SD SMP SLTA sampai dengan Sarjana (2) Proses pelaksanaan pelatihan hantaran pengantin memiliki proses pembelajaran yang terdiri dari kurikulum dan metode pelatihan yang Andragogi dalam implementasi pelaksanaan pelatihan menerapkan pelatihan yang berpusat pada kebutuhan peserta. Proses Andragogi juga terlihat dari cara pengelola memberikan pilihan pada program nonregular peserta didik menentukan sendiri materi apa yang ingin dipelajari (3) Out put peserta didik memiliki ilmu pengetahuan berdaya terampil kompeten. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat dikemukakan beberapa saran yang yang dapat dijadikan pertimbangan. Adapun saran-saran (1) Bagi Lembaga Mengembangkan pelayanan pada lulusannya menyediakan lapangan kerja bagi lulusan dengan menjalin kerjasama dengan alumni (2) Penyediaan bahan-bahan pelatihan lebih dilengkapi (3) Pendidik untuk lebih meningkatkan disiplin waktu dan pembelajaran lebih efektif memanfaatkan LCD untuk memudahkan demonstrasi (3) Bagi peserta didik disiplin waktu dan mengaplikasikan keterampilan sehingga dapat menjadi peluang usaha mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271690 |
Actions (login required)
View Item |