Kontribusi konsep diri dan interaksi sosial terhadap perubahan perilaku santri melalui lingkungan fisik pondok Pesantren Mahasiswa di Kota Malang / Husnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi konsep diri dan interaksi sosial terhadap perubahan perilaku santri melalui lingkungan fisik pondok Pesantren Mahasiswa di Kota Malang / Husnawati

Husnawati (2022) Kontribusi konsep diri dan interaksi sosial terhadap perubahan perilaku santri melalui lingkungan fisik pondok Pesantren Mahasiswa di Kota Malang / Husnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problematika perilaku semakin hari semakin meningkat. Hal ini telah menjadi rahasia umum bagi masyarakat. Minimnya perilaku baik yang tercipta bagi peserta didik sekarang ini menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh semua lembaga pendidik termasuk pondok pesantren. Perilaku buruk tidak hanya terjadi pada remaja namun juga dapat terjadi kepada Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di pondok pesantren. Pondok pesantren selaku lembaga pendidikan yang bertujuan membentuk perilaku yang baik untuk peserta didik memiliki tanggungjawab dan tugas yang besar dalam mengembangkan perilaku peserta didiknya yaitu santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengukur kontribusi konsep diri dan interaksi sosial terhadap perubahan perilaku melalui lingkungan fisik pondok pesantren mahasiswa di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk menggeneralisasikan hasil penelitian. Populasi penelitian ini sebanyak 667 santri dari Pondok Pesantren Sabilurrosyad dan Pondok Pesantren Al-Hikam dengan jumlah sampel yang diambil 87 orang. Data dikumpulkan melalui angket yang dibagikan secara langsung maupun dikirim melalui google form kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial serta diuji menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menemukan bahwa (1) konsep diri memiliki kontribusi secara parsial terhadap perubahan perilaku santri khususnya dalam semua jenis konsep diri yang terlibat dalam perubahan perilaku seperti pandangan tentang pribadi keyakinan tentang pendapat orang lain terhadap dirinya dan pandangan yang diinginkan terhadap diri sendiri dalam hal ini kontribusi konsep diri terhadap perubahan perilaku memiliki nilai paling tinggi dibanding kontribusi pada variabel lainnya (2) interaksi sosial secara parsial memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perubahan perilaku santri khususnya dalam semua jenis interaksi sosial yang terlibat dalam perubahan perilaku seperti faktor imitasi sugesti identifikasi dan simpati (3) konsep diri dan interaksi sosial memiliki kontribusi secara simultan terhadap perubahan perilaku santri yang menuntut ilmu di ponpes mahasiswa Kota Malang dengan sumbangan efektif yang besar dan signifikan (4) konsep diri melalui lingkungan fisik pondok memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan perilaku santri (5) interaksi sosial melalui lingkungan fisik pondok memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan perilaku santri yang menuntut ilmu di ponpes mahasiswa Kota Malang (6) lingkungan fisik pondok pesantren mahasiswa di Kota Malang berkontribusi secara parsial dengan hasil yang signifikan dengan perubahan perilaku santri dalam terutama dalam memberikan materi pelajaran yang menunjang adanya perubahan perilaku santri dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang ada akan tetapi kontribusi ini relatif rendah dibanding kontribusi pada variabel lainnya dan (7) konsep diri dan interaksi sosial berkontribusi secara simultan terhadap perubahan perilaku melalui lingkungan fisik pondok dengan sumbangan efektif yang relatif signifikan. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu (1) untuk pengurus pondok pesantren mahasiswa di Kota Malang dapat mengembangkan kegiatan belajar mengajar dengan memerhatikan konsep diri dan interaksi sosial santri serta meningkatkan lingkungan fisik pondok khusunya pada faktor instrumental dan faktor materi pelajajar (2) untuk santri agar terus meningkatkan konsep diri dan interaksi sosial agar terjadi perubahan perilaku yang baik sebagai hasil dari belajar di pondok pesantren dengan terus memanfaatkan lingkungan dengan baik sebagai sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar dan (3) untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti faktor lain seperti kebiasaan santri penggunaan gadget motivasi belajar di pondok pesantren mahasiswa dan sebagainya yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271689

Actions (login required)

View Item View Item