Gerakan sosial masyarakat melalui pokdarwis dalam membangun desa wisata bahari tlocor / Nindi Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Gerakan sosial masyarakat melalui pokdarwis dalam membangun desa wisata bahari tlocor / Nindi Novitasari

Novitasari, Nindi (2022) Gerakan sosial masyarakat melalui pokdarwis dalam membangun desa wisata bahari tlocor / Nindi Novitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wisata Bahari Tlocor merupakan desa wisata yang berawal karena adanya sebuah gerakan sosial oleh masyarakat sekitar yang peduli terhadap lingkungannya. Gerakan sosial Pokdarwis organisasi yang mengelola potensi yang ada yakni Desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pokdarwis sebagai gerakan sosial masyarakat peran Pokdarwis dan kepemimpinan dalam gerakan sosial masyarakat pada pembangunan Desa wisata Bahari Tlocor (WBT). Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diambil melalui teknik wawancara dengan ketua Pokdarwis direktur umum Bumdes dan kepala Dusun. Sumber data sekunder diambil melalui teknik wawancara dengan anggota Pokdarwis dan karang taruna. Observasi dilakukan dengan mengamati proses kepemimpinan yang dilakukan. Studi dokumen diperoleh dari rencana strategis Desa wisata absensi rapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada wisata bahari Tlocor ini berawal karena adanya sebuah gerakan masyarakat. Gerakan sosial ini sebuah kegiatan yang terjadi spontanitas tetap terorganisir tujuannya karena adanya suatu permasalahan yang mendesak atau adanya peluang. Gerakan sosial memiliki tujuan terpenting adalah pemberdayaan masyarakat dan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat. Gerakan sosial Pokdarwis dalam pembangunan Desa wisata berperan dengan baik hal tersebut karena proses kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin sangat baik. Pemimpin berupaya mengajak masyarakat ikut serta dalam pembangunan. Peran yang dilakukan Pokdarwis adalah dengan cara bersosialisasi memberikan beberapa kegiatan yang bermanfaat seperti pelatihan-pelatihan bimtek dan study banding. Dari peran yang dilakukan terlihat jelas proses kepemimpinan yang diterapkan sangat baik. Pemimpin melakukan semua kegiatan dengan loyalitas tinggi tidak egois dan selalu mendengarkan anggota dan masyarakat. Selain itu pemimpin dapat bekerja sama dengan baik serta bersikap adil kepada semua anggota. Pada proses kepemimpinan yang terjadi selalu menerapkan pendekatan untuk orang dewasa sehingga pemimpin mampu memahami apa yang diinginkan anggotanya. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bagi Pemdes untuk meningkatkan partisipasi pada pembangunan Desa wisata selain itu Pokdarwis masih butuh dukungan motivasi dan peran serta dari Pemdes. Bagi Pokdarwis untuk selalu berusaha mempertahankan kepeduliannya dan selalu belajar untuk pengembangan Desa wisata sehingga akan selalu berkembang. Selain itu pertahankan kepemimpinan yang menyenangkan karena kepemimpinan yang baik akan memberikan luaran yang baik juga untuk organisasi. Bagi peneliti selanjutnya. Peneliti yang akan meneliti dengan topik yang sama diharapkan dapat melengkapi aspek-aspek yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271687

Actions (login required)

View Item View Item