Lestari, Anisa Kurnia (2021) Manajemen budaya sekolah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter di Sekolah berbasis islam (studi multi situs di SD Al-hasyimiyyah dan SD Al-manar Kabupaten Kotawaringin Barat) / Anisa Kurnia Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring dengan turunnya nilai moral di masyarakat saat ini membuat sekolah harus dapat meningkatkan mutu pendidikannya dan memperbanyak program pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui pemilihan budaya sekolah yang tepat. Budaya sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam pengimplementasian penguatan pendidikan karakter peserta didik khususnya di sekolah berbasis Islam. Manajemen budaya sekolah perlu dilakukan oleh kepala sekolah beserta anggotanya agar dapat menciptakan generasi bangsa yang memiliki akhlak dan moral yang baik. Berdasarkan beberapa faktor tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul Manajemen Budaya Sekolah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Berbasis Islam (Studi Multi Situs di SD Al-Hasyimiyyah dan SD Al-Manar). Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui manajemen budaya sekolah di SD Al-Hasyimiyyah dan SD Al-Manar (2) mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter di SD AlHasyimiyyah dan SD Al Manar (3) mengetahui kendala dan solusi manajemen budaya sekolah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter di SD AlHasyimiyyah dan SD Al Manar. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui beberapa tahapan mulai dari tahapan observasi wawancara dan dokumentasi. Letak sekolah SD Al-Manar berada di JL. H. Moestalim Madurejo kabupaten Kotawaringin Barat sedangkan SD Al-Hasyimiyyah berada di JL. Ahmad Yani kampung baru kabupaten Kotawaringin Barat. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara bersama kepala sekolah kurikulum guru peserta didik dan orang tua atau wali murid. Kedua sekolah yang dijadikan tempat penelitian merupakan sekolah yang berbasis Islam sesuai dengan kriteria dalam penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) sekolah Al-Manar dan Al-Hasyimiyyah melakukan manajemen budaya sekolah mulai dari tahap perencanaan pengorganisasian pelaksanaan hingga tahap evaluasi. (2) implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah Almanar dan Alhasyimiyyah berkaitan dengan budaya sekolah yang sudah dipilih oleh sekolah melalui pelaksanaan budaya sekolah yang telah dipilih. Penguatan pendidikan karakter dibentuk sedini mungkin oleh sekolah. Karakter yang diciptakan oleh sekolah meliputi 16 karakter sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang PPK mulai dari nilai religious mandiri gotong royong dan lain sebagainya. (3) ada beberapa faktor eksternal dan internal atau kendala yang dialami oleh sekolah salah satunya kurangnya kerja sama dengan orang tua di rumah untuk mengawasi peserta didik. Faktor lainnya yaitu guru sulit untuk beristiqomah. Karena guru merupakan pondasi awal untuk melaksanakan budaya sekolah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter. Secara garis besar harus ada kesadaran bagi warga sekolah untuk melakukan usaha secara terus menerus dalam pelaksanaan budaya sekolah karena budaya berkaitan dengan suatu pembiasaan. Serta perlu dibuat struktur secara tertulis terkait dengan manajemen budaya sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271683 |
Actions (login required)
View Item |