Program siswa asuh sebaya di sekolah dalam pembentukan nilai karakter gotong royong peserta didik (studi multi situs di SMPN 1 Genteng, SMPN 3 Genteng, dan SMPN 4 Genteng Kabupaten Banyuwangi) / Hasan Argadinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Program siswa asuh sebaya di sekolah dalam pembentukan nilai karakter gotong royong peserta didik (studi multi situs di SMPN 1 Genteng, SMPN 3 Genteng, dan SMPN 4 Genteng Kabupaten Banyuwangi) / Hasan Argadinata

Argadinata, Hasan (2022) Program siswa asuh sebaya di sekolah dalam pembentukan nilai karakter gotong royong peserta didik (studi multi situs di SMPN 1 Genteng, SMPN 3 Genteng, dan SMPN 4 Genteng Kabupaten Banyuwangi) / Hasan Argadinata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan nilai karakter gotong royong peserta didik melalui program siswa asuh sebaya. Untuk menjawab topik yang diangkat peneliti memilih penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin mengetahui secara mendalam tentang fenomena yang sebenarnya terjadi di sekolah. Dalam proses analisis data peneliti menggunakan alat bantu analisis NVivo untuk menemukan output dari transkrip wawancara catatan lapangan dan studi dokumentasi. Program siswa asuh sebaya sendiri merupakan gerakan untuk membangun kesadaran antar peserta didik di Banyuwangi. Pengelolaan dilakukan dari siswa oleh siswa dan untuk siswa di sekolah. Program bantuan antar siswa untuk menumbuhkan rasa perhatian dan cinta rasa peduli anatar sesama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dibentuknya sekelompok pengelola dari siswa untuk mengumpulkan dana sukarela dari seluruh siswa di sekolah yang akan disalurkan kepada siswa penerima berupa perlengkapan sekolah. Pembentukan nilai-nilai karakter timbal balik melalui program siswa asuh sebaya dilakukan dengan menumbuhkan nilai kepedulian membantu bertanggung jawab kooperatif membantu mencapai tujuan kesejahteraan bersama. Melalui program ini nilai karakter gotong royong terlihat dan menjadi perhatian penting bagi bekal masa depan peserta didik ketika terjun langsung ke dunia masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271678

Actions (login required)

View Item View Item