Hubungan kausal servant leadership dan clinical supervision kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru melalui motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sampang / Mutmainnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kausal servant leadership dan clinical supervision kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru melalui motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sampang / Mutmainnah

Mutmainnah (2022) Hubungan kausal servant leadership dan clinical supervision kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru melalui motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sampang / Mutmainnah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan informasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sampang yang tergolong rendah tingkat provinsi Jawa Timur menyebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi yaitu proses belajar mengajar belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini mengacu bahwa pola kinerja mengajar guru yang belum optimal dilaksanakan. Oleh karena itu dibutuhkan pembinaan guna perbaikan dan pengembangan kompetensi pengajaran guru. Dalam upaya menunjang kelemahan guru yaitu melaksanakan supervisi klinis. Selain itu kepala sekolah perlu memberikan motivasi dan pengarahan untuk menghasilkan proses kinerja yang menjadi lebih baik. Gaya kepemimpinan yang unik yaitu servant leadership dimana berfokus pada pertumbuhan potensi guru tanpa mengedepankan kepuasan pribadi kepala sekolah. Selain itu peningkatan terhadap motivasi guru dalam bekerja sehingga optimalisasi kinerja guru akan terlaksana. Keterkaitan hubungan variabel ini telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Peneliti mengambil variabel penelitian pada tempat Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sampang dengan waktu yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan langsung secara parsial dan simultan dari variabel servant leadership clinical supervision motivasi kerja dan kinerja mengajar guru SMP Negeri di Kabupaten Sampang. Selain itu ingin mengetahui derajat hubungan antar variabel penelitian secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional yaitu hubungan antar variabel servant leadership clinical supervision motivasi kerja dan kinerja mengajar guru. Sampel penelitian yaitu guru sebanyak 159 responden dengan menggunakan teknik cluster propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan bantuan google form sebagai medianya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas kemudian diikuti uji path analysis sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis deksriptif membuktikan setiap variabel penelitian di kategorikan sangat baik (2) hasil uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal dengan menggunakan limit central theorem yakni sampel gt 30 dikatakan mendekati distribusi normal yakni variabel penelitian dinyatakan berdistribusi normal (3) hasil uji linieritas membuktikan bahwa servant leadership clinical supervision dan motivasi kerja dengan kinerja mengajar guru dinyatakan linier dengan nilai signifikansi gt 0 05 (4) hasil uji path anaylisis sebagai uji hipotesis penelitian ini membuktikan (a) terdapat hubungan langsung servant leadership dengan motivasi kerja guru dengan nilai sig. 0 007 lt 0 05 dinyatakan hipotesis 1 di tolak (b) terdapat hubungan langsung clinical supervision dengan motivasi kerja guru dengan nilai sig. 0 000 lt 0 05 dinyatakan hipotesis 2 di tolak (c) terdapat hubungan langsung secara simultan servant leadership dan clinical supervision dengan motivasi kerja guru dengan nilai sig. 0 000 lt 0 05 dinyatakan hipotesis 3 di tolak (d) tidak terdapat hubungan langsung servant leadership dengan kinerja mengajar guru dengan nilai sig. 0 120 gt 0 05 dinyatakan hipotesis 4 diterima atau tidak terbukti (e) terdapat hubungan langsung clinical supervision dengan kinerja mengajar guru dengan nilai sig. 0 103 gt 0 05 dinyatakan hipotesis 5 diterima atau tidak terbukti (f) terdapat hubungan langsung motivasi kerja dengan kinerja mengajar guru dengan nilai sig. 0 000 lt 0 05 dinyatakan hipotesis 6 di tolak (g) terdapat hubungan tidak langsung servant leadership dengan kinerja mengajar guru melalui motivasi kerja sebesar 0 210 x 0 552 0 116 (h) ) terdapat hubungan tidak langsung clinical supervision dengan kinerja mengajar guru melalui motivasi kerja sebesar 0 103 x 0 552 0 291 dan (i) terdapat hubungan secara simultan servant leadership clinical supervision motivasi kerja dan kinerja mengajar guru dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05 dinyatakan hipotesis 9 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa beberapa hipotesis 1- 3 dan dan hipotesis 6-9 dinyatakan ditolak atau terbukti. Hasil hipotesis ini dapat menjadi rujukan bagi pihak terkait untuk mempertahankan konsistensi penerapan servant leadership dan clinical supervision terhadap motivasi kerja guru serta peran mediasi motivasi guru untuk mendorong pola kinerja mengajar guru menjadi lebih baik. Namun pada hipotesis 4 dan 5 dinyatakan diterima atau tidak terbukti yakni servant leadership dan clinical supervision SMP Negeri di Kabupaten Sampang tidak membuktikan secara langsung mempengaruhi kinerja guru. Tingkat servant leadership yang tinggi tidak menjadi jaminan pola kinerja mengajar menjadi optimal. Kinerja mengajar yang baik tidak semuanya dipengaruhi oleh peranan supervisi klinis di sekolah. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru seperti mendorong motivasi kerja untuk lebih meningkat baik secara internal ataupun eksternal. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan serta informasi bagi pihak terkait untuk menjadi kajian ulang dalam mengevaluasi proses kinerja kepala sekolah sebagai pemimpin dan supervisor sekolah serta kinerja guru dalam menjalankan sistem belajar mengajar guna mendukung peningkatan IPM Kabupaten Sampang dalam ranah pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:29
Last Modified: 31 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271676

Actions (login required)

View Item View Item