Analisis faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan tpack guru pada pelaksanaan blended learning SMA Negeri Kota/Kabupaten Pasuruan / Diyah Rieka Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan tpack guru pada pelaksanaan blended learning SMA Negeri Kota/Kabupaten Pasuruan / Diyah Rieka Rahmawati

Rahmawati, Diyah Rieka (2022) Analisis faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan tpack guru pada pelaksanaan blended learning SMA Negeri Kota/Kabupaten Pasuruan / Diyah Rieka Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan sistem pendidikan harus disadari secara terorganisis dan terencana melalui pengembangan komputerisasi berbasis web yang terbiasa memanfaatkan tahap-tahap lanjutan baik sebagai metode maupun media pembelajaran. Pembelajaran campuran adalah jawaban untuk bagaimana keunggulan inovasi dan teknologi yang disediakan e-learning dikoordinasikan dengan hasil kolaborasi dan komitmen yang terkandung dalam pembelajaran konvensional. Inti dari melaksanakan blended learning yang baik adalah pengetahuan guru terhadap konten pedagogi teknologi dan hubungan diantaranya. TPACK jelas bukan model baru bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi pedagogi dan pengetahuan konten namun sebagai tenaga profesional ketiga inti pengetahuan tersebut masih menjadi problematika bagi guru. Kadar kualitas kemampuan TPACK guru yang tergolong masih lemah di latar belakangi oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kerangka kerja TPACK yang merupakan bentuk pengembangan dari kerangka Pedagogical Content Knowledge (PCK) oleh Shulman memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi yakni pengalaman mengajar pelatihan efikasi diri motivasi serta sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan TPACK guru pada pelaksanaan blended learning. Dilaksanakan secara lebih spesifik dengan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kemampuan TPACK guru pada pelaksanaan blended learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tanpa memberikan perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri Kota/Kabupaten Pasuruan sebanyak 510 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan sampel dari sejumlah cluster tetap dipilih secara acak karena setiap cluster memiliki probabilitas yang sama dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 224 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket tertutup. Angket terlebih dahulu diuji dengan uji validitas (expert judgment dan Product Moment Pearson) dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif analisis faktor konfirmatori dan Structural Equation Modeling (SEM). Uji prasyarat analisis yang harus terpenuhi adalah uji normalitas linieritas multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pengujian dibantu dengan menggunakan IBM SPSS 25 for Windows dan program LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh signifikan pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan TPACK guru dan berada pada kategori cukup baik 2) terdapat pengaruh signifikan pelatihan guru terhadap kemampuan TPACK guru dan berada pada kategori cukup baik 3) terdapat pengaruh signifikan efikasi diri guru terhadap kemampuan TPACK guru dan berada pada kategori cukup baik 4) terdapat pengaruh signifikan motivasi guru terhadap kemampuan TPACK guru dan berada pada kategori cukup baik dan 5) terdapat pengaruh signifikan sarana dan prasarana pendidikan terhadap kemampuan TPACK guru dan berada pada kategori cukup baik. Bersumber dari hasil evaluasi hubungan model yang telah dibuat dapat diketahui faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan (dominan) terhadap kemampuan TPACK guru adalah pengalaman mengajar yang secara berturut-turut diikuti oleh faktor motivasi efikasi diri pelatihan serta sarana dan prasarana pendidikan. Hasil yang diperoleh dari lintasan baru pada model hubungan struktural setelah modifikasi menunjukkan bahwa penyaluran/pendistribusian sarana dan prasarana pendidikan tidak dapat digunakan untuk mengukur pelatihan dan efikasi diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271671

Actions (login required)

View Item View Item