Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan (studi multikasus SMP dan SMA modern al-rifa'ie ii Kabupaten Malang) / Muhamad Iqbal Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan (studi multikasus SMP dan SMA modern al-rifa'ie ii Kabupaten Malang) / Muhamad Iqbal Maulana

Maulana, Muhamad Iqbal (2022) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan (studi multikasus SMP dan SMA modern al-rifa'ie ii Kabupaten Malang) / Muhamad Iqbal Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepala sekolah memegang peranan yang penting dalam menjalankan roda kepemimpinan organisasi sekolah. Posisinya bisa berfungsi sebagai pengendali dan penentu arah sekaligus dapat berkontribusi besar terhadap tujuan dan proses tercapainya tujuan pendidikan. Fokus yang dijawab dalam penelitian ini yaitu (1) karakteristik kepala sekolah (2) strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu (3) dampak kepemimpinan kepala sekolah (4) faktor pendukung dan hambatan-hambatan kepala sekolah (5) solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Lokasi penelitian yaitu di Yayasan Pondok Modern Al-Rifa rsquo ie II khususnya di SMP dan SMA Modern Yayasan Al-Rifa rsquo ie II Kabupaten Malang. Data penelitian digali melalui observasi wawancara mendalam studi dokumentasi. Pemilihan informan dilaksanakan melalui snowball sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua tahapan yaitu analisis kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data kredibilitas transferabilitas kebergantungan dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah bahwa karakter kepala sekolah yakni meliputi karakteristik religius tanggung jawab tenang dan disiplin. Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu dilakukan melalui Pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi bakat dan minat peserta didik sehingga peserta didik merasa puas terhadap layanan sekolah. Kepemimpinan berdampak terhadap warga sekolah bertanggungjawab warga sekolah disiplin dan prestasi peserta didik di tingkat kabupaten provinsi dan nasional. Faktor pendukung yakni sekolah yang karakteristiknya bercirikan Islam karena dalam naungan Yayasan Al-Rifa rsquo ie budaya sekolah nilai-nilai yang berbasis Islami kepribadian kepala sekolah yang optimis dan agamis. Hambatan-hambatan pemahan wali santri tuntutan orang tua kepada sekolah dengan solusi yakni membuat pertemuan antara sekolah dengan wali santri membuat program-program kegiatan sekolah serta mengadakan evaluasi bersama. Saran penelitian ini yaitu (1) ketua yayasan supaya lebih berkomitmen dalam menjalankan tugas mengelola pendidikan (2) kepala sekolah supaya lebih berkomitmen dalam menjalankan tugasnya serta bisa memberikan teladan dapat berdampak pada karakter baik kepda warga sekolah dan prestasi peserta didik (3) pendidik dapat meningkatkan kerjasama dengan kepala sekolah dalam melayani peserta didik (4) kepala sekolah lain alangkah baiknya jika belajar gaya kepemimpinan yang diterapkan di kedua sekolah agar sekolah yang dipimpin mutunya bisa meningkat (5) peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut serta menggali secara lebih mendalam tentang pelaksanakan kepemimpinan dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271670

Actions (login required)

View Item View Item