Kepemimpinan kharismatik tuan guru dalam meningkatkan manajemen pembelajaran (studi multi kasus di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah taklimusshibiyyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah / Lalu Habiburrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kharismatik tuan guru dalam meningkatkan manajemen pembelajaran (studi multi kasus di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah taklimusshibiyyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah / Lalu Habiburrahman

Habiburrahman, Lalu (2022) Kepemimpinan kharismatik tuan guru dalam meningkatkan manajemen pembelajaran (studi multi kasus di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah taklimusshibiyyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah / Lalu Habiburrahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Habiburrhaman Lalu 2022 Kepemimpinan Kharismatik Tuan Guru Dalam Meningkatkan Manajemen Pembelajaran (Study Multi Kasus di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd Pembimbing II Prof. Dr. Hj. Maisyaroh M. Pd. Kata Kunci Kepemimpinan Kharismatik Tuan Guru Pengelolaan Pondok Pesantren. Pendidikan yang baik diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan kecakapan yang diyakini bisa menunjang upaya humans (manusia) dalam mengarungi kehidupan yang dengan lika-liku (ketidak pastian) pondok pesantren sebagai salah satu wahana pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berpontensi serta cakap dan mampu menjalani kehidupannya dimasa depan. Kemimpinan tuan guru dalam dunia pendidikan pondok pesantren sangatlah memiliki pengaruh yang besar bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Khususnya pendidikan yang berbasis islam salah satu model kepemimpinan kharismatik sangatlah penting dan berpengaruh untuk meningkatkan pembelajaran di Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan tuan guru dalam melakukan pengelolaan di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah Yaitu (1) kepemimpinan kharismatik tuan guru dalam melakukan pengelolaan pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin (2) upaya tuan guru dalam meningkatkan pembelajaran di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin (3) penerapan pembelajaran di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin dan (4) pengawasan tuan guru terhadap santri dan tenaga pendidik di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus tentang kepemimpinan kharismatik tuan guru dalam meningkatkan manajemen pembelajaran (study multi kasus di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Ta rsquo limusshibyan sangkong dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya). Adapun pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian yaitu dengan menggunakan pendekatan holistik dimana peneliti mencoba mengamati objek dengan konteks alami. Peneliti pergi ke lokasi penelitian untuk mengamati guna memahami dan mempelajari situasi serta mencatat fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan saat mengetahui kepemimpinan kharismatik dalam pengelolaan pondok pesantren. Peneliti berusaha menjalin hubungan yang baik dengan informan agar bisa mendapatkan informasi yang benar-benar real dan alami. Informan dalam penelitian ini ialah tuan guru (Pimpinan Yayasan) ustadz dan ustadzah serta santri. Data yang didapat dari observasi wawancara dan dokumentasi analisis data kasus individu dilakukan pada masing-masing objek penelitian yaitu pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan sangkong dan Pondok Pesantren Darul Muhajirin praya. Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data mengorganisasikan data memilah dan menjadi satuan yang bisa dikelola menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis dan lintas kasus merupakan proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing kasus sekaligus sebagai proses memadukan temuan-temuan kasus penelitian. Hasil penelitian ini memiliki (1) pengelolaan pondok pesantren dilakakukan secara kekeluargaan serta pengelolaan pondok pesantren dilakukan berdasarkan struktur kepngurusan yang telah dibuat oleh ketua yayasan pondok pesantren (2) penerapan pembelajaran di pondok pesantren tuan guru menerapkan berbagai kitab yang menjadi kegiatan rutin santri selama berada dilingkungan pondok pesantren (3) kepemimipinan kahrismatik tuan guru dalam meningkatkan manajemen pembelajaran di pondok pesantren dapat dilakukan dengan memberikan perhatian khusus terkait dengan kebutuhan santri pendidik serta kelengkapan sarana dan parasarana belajar mengajar di pondok pesantren. (4) pengawasan atau kontrol yang dilakukan oleh tuan guru terhadap santri dan pendidik di pondok pesantren dapat dilakukan secara langsung Adapun fokus kontrol yang dilakukan yaitu terkait dengan kedisiplinan santri dan pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar. Saran-saran yang dapat dikemukakan oleh penulis ialah. (1) Bagi pimpinan pondok pesantren ldquo Proses komunikasi dan keterbukaan perlu ditingkatkan lagi disamping itu juga harus dilakukan upaya yang kongkrit terhadap pembenahan pola manajemen pondok pesantren misalnya pada pelaksanaan tugas pengelolaan tidak harus dilimpahkan atau dilakukan oleh pimpinan saja dan tuan guru harus mampu menjadi Inspiring Leader bagi anggota atau bawahannya. (2) Bagi Pendidik (Ustadz dan Ustadzah) Pondok pesantren hendaknya memperhatikan beberapa hal terkait dengan atau untuk mendukung peningkatan pembelajaran di pondok pesantren diantaranya (a) hendaknya menggunakan metode yang bervarisai agar santri tidak merasa jenuh dengan hal itu-itu saja (b) memahami pola manajemen pondok pesantren secara tepat dalam rangka meraih peluang untuk memenangkan persaingan global (c) selalu aktif mengadaptasi model-model manajemen pendidikan yang cocok untuk mengembangkan program pondok pesantren dan (d) melibatkan sebanyak mungkin unsur masyarakat dalam mengembangkan pesantren khususnya di dunia industri dan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271669

Actions (login required)

View Item View Item