Gaya, peran, dan strategi kepemimpinan perempuan dalam membangun Sekolah Unggul (studi multi situs di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang) / Rizki Fidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Gaya, peran, dan strategi kepemimpinan perempuan dalam membangun Sekolah Unggul (studi multi situs di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang) / Rizki Fidayati

Fidayati, Rizki (2022) Gaya, peran, dan strategi kepemimpinan perempuan dalam membangun Sekolah Unggul (studi multi situs di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang) / Rizki Fidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memimpin seluruh anggota atau bawahannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. Pengelolaan sekolah serta pemimpin yang baik dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah sekolah menjadi sekolah unggulan. Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan sekolah yang baik membutuhkan berbagai strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka dibukalah sekolah unggulan. Manajemen yang ada pada sekolah unggul memiliki kualitas yang lebih baik daripada sekolah pada umumnya karena pada sekolah unggul manajemen sekolah yang dijalankan senantiasa meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang (2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah perempuan dalam membangun sekolah unggul di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang (3) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah perempuan dalam membangun sekolah unggul di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang dan (4) Mendeskripsikan hasil kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam membangun sekolah unggul di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dangan menggunakan rancangan penelitian studi multi situs. Latar pada penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi yakni di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang. Pada penelitian ini peneliti memilih kepala sekolah yang ada di SMP Negeri 3 Malang dan SMP Negeri 6 Malang sebagai informan kunci. Informan yang lain seperti wakil kepala sekolah dipilih oleh peniliti sebagai informan yang dapat melengkapi data penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data individu yang mencakup kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan juga analisis data lintas situs Hasil penelitian menunjukkan (1) Kepala sekolah perempuan di SMPN 3 Malang dan SMPN 6 Malang menerapkan perpaduan antara gaya kepemimpinan demokratis kepemimpinan partisipatif dan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan (2) Kepala sekolah perempuan di SMPN 3 Malang dan SMPN 6 Malang melaksanakan perannya sebagai pemimpin inovator pendidik manajer administrator motivator dan supervisor (3) Strategi yang dilakukan dalam membangun sekolah unggul oleh kepala sekolah perempuan di SMPN 3 Malang dan SMPN 6 Malang yakni menyusun program untuk mewujudkan menjadi sekolah unggul dan meningkatkan kualitas sekolah serta menyusun program untuk mengembangkan kemampuan dan karakter siswa dan (4) Hasil penerepan kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam membangun sekolah unggul di SMPN 3 Malang dan SMPN 6 Malang mengahasilkan berbagai prestasi yang diraih oleh sekolah guru dan siswa. Pada penelitian selanjutnya dapat lebih mendalami berbagai aspek dalam membangun sekolah unggul yang belum dibahas dalam penelitian ini seperti manajemen peserta didik manajemen tenaga pendidik dan manajemen kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271667

Actions (login required)

View Item View Item