Pemberdayaan guru pada pengembangan kelas unggulan dalam peningkatan prestasi belajar (studi multi situs MTSN 2 Jember dan MTSN 3 Jember) / Rifda Sofi Illiyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan guru pada pengembangan kelas unggulan dalam peningkatan prestasi belajar (studi multi situs MTSN 2 Jember dan MTSN 3 Jember) / Rifda Sofi Illiyin

Illiyin, Rifda Sofi (2022) Pemberdayaan guru pada pengembangan kelas unggulan dalam peningkatan prestasi belajar (studi multi situs MTSN 2 Jember dan MTSN 3 Jember) / Rifda Sofi Illiyin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan guru merupakan salah satu bentuk pemanfaatan potensi tenaga guru yang dimiliki sekolah. Pelaksanaan pemberdayaan adalah bagian praktis dan tanggung jawab profesional kepala sekolah untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari para guru dan tenaga lainnya di sekolah. Kepala sekolah yang efektif perlu mendapatkan kinerja terbaik dari mereka. Proses pembelajaran diperlukan pengelolaan yang merupakan kegiatan terencana dan sengaja dilakukan oleh pendidik dengan tujuan menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien agar mencapai tujuan pembelajaran. Kelas yang efektif terdapat dalam sekolah yang efektif dengan karakteristik manajemen sekolahnya terdiri atas pendidik yang memiliki kepemimpinan yang kuat pendidik yang memiliki kondisi penghargaan yang tinggi untuk mencapai prestasi siswa iklim sekolah yang tidak kaku hingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas Pemberdayaan Guru Untuk Pengembangan Kelas Unggulaln dalam Rangka Peningkatan Prestasi Belajar Siswa (2) Manajemen Pembelajaran Kelas Unggulan dalam Rangka Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik (3) Dampak Pemberdayaan Tim Guru terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Siswa Kelas Unggulan (4) Faktor-Faktor Pendorong Manajemen Pembelajaran Kelas Unggulan dalam Rangka Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik (5) Kendala-Kendala Pelaksanaan dan Solusi yang diterapkan dalam Peningkatan Efektivitas Manajemen Kelas Unggulan. Pendekatan yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan desain multi situs. Teknik pengambilan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan tringagulasi data. Analisis yang digunakan data individu dan analisis data lintas situs yang mencangkup reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pemberdayaan tim guru melalui beberapa aktivitas dengan memberikan pendelegasian tugas pemberian wewenang dalam pengambilan keputusan pemantauan kinerja serta dengan memberikan fasilitas pelatihan baik didalam sekolah dan diluar sekolah (2) manajemen pembelajaran kelas unggulan yakni dengan melalui beberapa aktivitas seperti perencanaan program pembelajaran kelas unggulan dengan mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan program peminatan pelaksanaan pembelajaran diberikan tanggung jawab pada setiap guru mata belajaran evaluasi dengan meninjau kemampuan siswa melalui hasil tes yang dilakukan secara rutin (3) dampak emberdayaan tim guru terhadap perkembangan prestasi belajar siswa kelas unggulan (4) faktor-faktor pendorong manajemen pembelajaran kelas unggulan dalam rangka peningkatan prestasi belajar peserta didik (5) kendala-kendala pelaksanaan dan solusi yang diterapkan dalam peningkatan efektivitas manajemen kelas unggulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271666

Actions (login required)

View Item View Item