Pembelajaran di era pandemi covid-19 (studi multi kasus pada SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al-hilmi Dompu) / Fadhilaturrahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran di era pandemi covid-19 (studi multi kasus pada SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al-hilmi Dompu) / Fadhilaturrahmah

Fadhilaturrahmah (2022) Pembelajaran di era pandemi covid-19 (studi multi kasus pada SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al-hilmi Dompu) / Fadhilaturrahmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadhilaturrahmah. 2022. Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 (Studi Multi kasus pada SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al-Hilmi Dompu). Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sultoni M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata Kunci Pembelajaran Estrakurikuler Covid-19. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah terintegritas dalam kurikulum sekolah pembelajaran yang diterima oleh peserta didik dapat berupa kegiatan akademik dan kegiatan non akademik yang dapat menguatkan serta membentuk karakter peserta didik. Pembelajaran di era Pandemi Covid-19 merupakan salah satu kebijakan pemerintah Indonesia sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kegiatan pembelajaran di era pandemi covid-19 di SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al Hilmi Dompu dan (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di era pandemi covid-19 di SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al Hilmi Dompu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi multikasus. Data yang didapatkan adalah pemaparan terkait dengan pembelajaran di era pandemi covid-19 sekolah dasar di SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al-Hilmi Dompu dengan teknik pengumpulan data teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri untuk menjaga keabsahan data dilakukan trigulasi derajat kepercayaan dengan tahap pengecekan melalui ketekunan pengamat dan pengecekan anggota. Kegiatan analisis data dilakukan secara interaktif mulai dari tahap pengumpulan data sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran SD Negeri 01 Dompu dan SDIT Al Hilmi Dompu dilakukan secara offline dengan pembatasan peraturan sesuai dengan edaran yang diterima dari dinas pendidikan kabupaten Dompu Dalam kegiatan pembelajaran dengan metode 1) home visit 2) daring dan3) luring dirancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dimana kegiatan bembelajaran didasarkan pada 3 aspek diantaranya 1) tujuan pembelajaran 2) kegiatan pembelajaran dan 3) Penilaian (Assesment). Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki searah dengan dukungan dari wali peserta didik Kegiatan ekstrakurikuler pada situs I dan situs II dilandasi prinsip integritas sekolah masing-masing berdasarkan visi misi dan tujuan dari sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru harus memaksimalkan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah untuk kebutuhan pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas. Setiap kegiatan didokumentasikan. Kepala sekolah harus mengkoordinasi guru untuk memanajemen kegiatan ekstrakurikuler agar lebih terstruktur dan terarah. Kepala melakukan koordinasi dengan guru untuk melakukan evaluasi kembali kegiatan pembelajaran dalam kelas dan luar kelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271664

Actions (login required)

View Item View Item