Strategi guru dalam manajemen pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada satuan pendidikan anak usia dini (studi multi kasus di TK Assalam Tlogpomas dan TK Kristen Kalam Kudus Malang) / Galuh Ayu Noviyantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru dalam manajemen pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada satuan pendidikan anak usia dini (studi multi kasus di TK Assalam Tlogpomas dan TK Kristen Kalam Kudus Malang) / Galuh Ayu Noviyantika

Noviyantika, Galuh Ayu Noviyantika (2022) Strategi guru dalam manajemen pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada satuan pendidikan anak usia dini (studi multi kasus di TK Assalam Tlogpomas dan TK Kristen Kalam Kudus Malang) / Galuh Ayu Noviyantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia adalah menyelenggarakan program pendidikan non formal yaitu pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini dibutuhkan peran guru dalam menstimulus anak didik untuk belajar berkembang dalam aspek kognitif sosial motorik dan juga kebahasaan. Implementasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini mengacu pada kurikulum 2013. Oleh karena itu pengelolaan pembelajaran membutuhkan strategi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran mengidentifikasi strategi guru dalam mengelola pembelajaran menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dan mendeskripsikan keluaran atau hasil dari penerapan strategi guru. Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dikarenakan peneliti berfokus pada penggalian informasi secara mendalam pada dua tempat sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi multi kasus sebab peneliti melakukan pendeskripsian analisis dan membandingkan strategi guru dalam implementasi pembelajaran dari dua sekolah yang memiliki dua karakter berbeda yaitu sekolah swasta islami dan kristiani. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui analisis data tunggal yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan juga melalui analisis data lintas kasus yaitu meliputi tahapan merumuskan premis membandingkan dan memadukan suatu temuan teoritik secara sementara untuk kedua kasus penelitian dan merumuskan secara teoritik. Melalui analis data yang sudah didapatkan oleh peneliti maka diperoleh temuan hasil penelitian sebagai berikut. Kedua sekolah memiliki model implementasi pembelajaran yang berbeda pada situs I yaitu di sekolah TK Assalam Tlogomas menggunakan model implementasi pembelajaran kelompok dan pada situs II tepatnya di TK Kristen Kalam Kudus Malang menggunakan model implementasi pembelajaran area. Sejalan hal tersebut strategi guru yang dilakukan oleh para guru-guru yaitu bisa melalui beberapa metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi. Setiap metode pembelajaran yang digunakan dipastikan menyesuaikan dengan tema pembelajaran. Strategi guru dalam implementasi pembelajaran terlihat melalui kesiapan guru dalam merancang pembelajaran melalui proses perencanaan pengorganisasian pelaksanaan sampai pengevaluasian. Faktor pendukung yang menunjang dalam proses implementasi pembelajaran yaitu terdapat pada aspek guru yang sudah berkualifikasi dan berkompeten kerjasama yang baik antar guru sarana dan prasarana dan lingkungan sekolah yang nyaman. Faktor yang menghambat dalam implementasi pembelajaran yaitu diantaranya kurangnya kerjasama wali murid dengan guru hal tersebut terjadi karena kesibukan yang dimiliki oleh wali murid. Faktor penghambat lainnya dari segi minimnya keuangan dalam mengembangkan media pembelajaran dan aspek mood yang dimiliki anak didik. Keluaran yang dihasilkan dari strategi guru dalam implementasi pembelajaran yaitu terancangnya pembelajaran yang sistematis dan menyenangkan bagi para anak didik. Disisi lain terlihat pada perkembangan anak didik dari segi segi kognitif agama dan sosial yang ditunjukkan melalui testimoni dari wali murid. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka disarankan untuk kepala sekolah lebih intens dalam berkoordinasi dengan para guru. Untuk para guru-guru diharapkan bisa saling bekerjasama dan saling memotivasi dalam merancang pembelajaran untuk wali murid diharapkan lebih kooperatif lagi dengan para guru dalam memantau perkembangan belajar anak. Pihak sekolah diharapkan untuk tetap berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam upaya pengembangan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271663

Actions (login required)

View Item View Item